Bupati Yahukimo dan Wakilnya Resmikan Gereja GIDI di Dekai

Bupati Yahukimo Abock Busup, MA menyerahkan bantuan kepada Ketua Panitia Pembangunan Gereja GIDI Jemaat Injil Yerusalem Dekai, Rabu (30/10/2019)

DEKAI (PB.COM)-Bupati Yahukimo Abock Busup, MA bersama Wakil Bupati Yulianus Heluka, SH dan sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Yahukimo meresmikan gedung Gereja GIDI Jemaat Injil Yerusalem Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Rabu (30/10/2019).

Acara peresmian ditandai dengan pengguntingan pita papan nama gedung gereja oleh Bupati Abock dan penguntingan pita pintu gereja oleh wakil bupati Yulianus. Sementara Ketua Klasis Dekai Kota  Pdt. Andi Magayang, S. Th secara seremonial membuka pintu gedung gereja didampingi sejumlah para Hamba Tuhan dan tamu undangan.

Bupati Yahukimo Abock Busup, MA saat sambutannya mengatakan bahwa gedung Gereja GIDI Jemaat Injil Yerusalem dibangun di atas tanah kawasan milik Bandar Udara Nop Goliat Dekai sesuai master plannya.

“Oleh karena itu, jemaat boleh beribadah mulai saat ini di gereja ini. Tetapi, sewaktu-waktu jika diminta untuk dipindahkan maka akan dilakukan pemindahan nantinya,” kata Bupati Abock.

Menurut Abock, terkait status lahan itu, Pemkab Yahukimo memberi kesempatan kepada pemilik tanah adat di kawasan Bandara Nop Goliat untuk dilakukan negosiasi bersama beberapa marga yang ada. Sebab hingga saat ini,  pihaknya belum mengetahui batas antara tanah milik bandara dan milik adat marga Momuna.

“Ini akibat dari pemerintahan  sebelumnya mencaplok tanah adat 250 hektare tanpa batas yang jelas kepada masyarakat adat Momuna di kawasan bandara ini,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Abock juga menyerahkan bantuan kepada panitia peresmian Gedung Gereja GIDI Jemaat Injil Yerusalem Dekai Sebesar Rp. 600.000.000 (Enam Ratus Juta Rupiah) yang terima oleh Ketua Panitia Dimus Wakla, S. Pd.

Gembala Jemaat Injil Yerusalem Pdt. Demas Walle, S.Th mengatakan gedung gereja ini dibangun selama tiga (3) tahun dan baru tahun 2019 ini dilakukan peresmian.

“Oleh karena atas dukungan doa daya dan dana oleh jemaat dan anak-anak Tuhan sehingga bisa dapat terselesaikan dengan baik.  Kami berterima kasih sebesar-besarnya kepada Bupati dan Wakil Bupati Yahukimo yang memberikan bantuan berupa dana sehingga sebagian digunakan untuk hal yang belum terselesaikan dalam bangunan ini,” ujarnya.

Sementara itu mewakili kepala yang lama sekaligus mantan koordinator pemenangan ABYU (Abokc-Yulianus), Belius Dabla, S. Pd menyampaikan terimakasih kepada Bupati Abock dan Wakil Bupati Yulianus yang telah membantu pembangunan gereja tersebut.

“Kami akan tetap teguh mendukung ABYU untuk melanjutkan kepemimpinan Jilid 2 di Yahukimo,” katanya.

Acara ini ditutup dengan makan bersama barapen, dimana panitia setempat menyediakan 100 ekor babi dalam prosesi bakar batu khas Pegunungan Tengah Papua itu. (Paul Karma/Diskominfo Yahukimo)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *