Kepala BKKBN Papua: Jadikan Monumen Kapsul Waktu Pendorong Generasi Emas Papua

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua Sarles Brabar, SE.M.Si.

MERAUKE (PB)Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua Sarles Brabar, SE.M.Si mengajak seluruh instansi, baik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Merauke maupun pihak swasta untuk berkolaborasi dan bersinergi menyiapkan keluarga dan Generasi Emas Papua yang berkualitas di Bumi Cenderawasih, khususnya di wilayah Anim Ha, Merauke.

“Pemerintah dan masyarakat di Merauke dan Papua harus bangga dan bersyukur bahwa di sini dibangun Monumen Kapsul Waktu. Tetapi yang harus diingat adalah semua bertanggung jawab untuk menyiapkan generasi emas Papua di wilayah Selatan ini. Karena untuk itulah, Presiden Jokowi membangun monumen ini. Saya tadi diskusi dengan Pak Bupati dan beliau katakan SDM menjadi salah satu visi misinya. Dan kami di BKKBN mengajak semua instansi untuk berkolaborasi ikut menyiapkan SDM di Merauke melalui program Kampung KB,” kata Sarles kepada papuabangkit.com per telepon selulernya, Rabu (06/11/2019) usai mengikuti Rakornis KKBPK di Aula Kantor Bupati Merauke.

Menurut Sarles, Kampung KB merupakan salah satu “senjata pamungkas” pemerintah dalam mengatasi masalah kependudukan, terutama di wilayah-wilayah terisolir, terpencil, pesisir dan perbatasan. Program yang diluncurkan sejak 2016 ini menjadi ikon program kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

“Kehadiran Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Jadi di dalamnya, kita bekerja menyiapkan generasi emas Papua dan Indonesia, generasi yang cerdas dan sehat,” kata Sarles.

Oleh karena itu, Sarles meminta agar kolaborasi berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau instansi sesuai tupoksinya mutlak diperlukan agar masyarakat bisa mandiri dan sejahtera.

Presiden Jokowi didampingi Gubernur Papua Lukas Enembe dan Bupati Merauke Frederikus Gebze ketika melihat Monumen Kapsul Waktu di Merauke

“Tinggalkan ego sektoral, mari kita kerja keroyokan, kita berkolaborasi bangun masyarakat siapkan generasi emas Papua. Program Kampung KB ini memang kami yang buka, tapi semua pihak silahkan datang mengambil bagian dengan tupoksinya masing-masing, baik sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sebagainya,” tegasnya.

Sebagiamana diketahui, Presiden RI, Ir. Joko Widodo, Jumat (16/11/2018) meresmikan Monumen Kapsul Waktu yang ada di Kota Rusa, Kabupaten Merauke, Papua. Monumen yang dibangun sejak 2016 silam ini menyimpan Impian Indonesia tahun 2015-2085.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menjelaskan bahwan Kapsul Waktu Impian Indonesia ini merupakan wadah sejarah berbentuk kapsul tempat menyimpan dokumen tulisan impian masyarakat dari setiap provinsi di Indonesia, yang diletakkan tahun 2015 dan dibuka tahun 2085.

Kapsul Waktu ini juga telah mengumpulkan harapan dan impian seluruh anak bangsa, dari nol kilometer di Kota Sabang sampai Kabupaten Merauke, di ujung timur Indonesia ini.

“Ini monumen impian anak-anak Indonesia, ada 7 impinan, intinya kita ingin negara kita negara besar yang maju dan bermartabat,” tegas Presiden Jokowi kepada wartawan usai acara peresmian. (Gusty Masan Raya)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *