Bupati Abock: Rakornas Efektif Bangun Sinergitas Pusat dan Daerah

Bupati Yahukimo Abock Busup, MA

JAKARTA (PB.COM)—Bupati Kabupaten Yahukimo, Papua Abock Busup, MA mengapresasi gebrakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang baru Tito Karnavian dengan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) 2019.

Rapat yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (13/11/2019) itu menghadirkan para kepala daerah (gubernur/bupati/walikota), Ketua DPRD, Kapolda, Pangdam, Kapolres, Dandim Kejati, dan Kejari.

“Pertemuan ini giat yang sangat bagus karena kita bisa membangun sinergi antara pemerintah Pusat dan daerah. Intinya pertemuan ini dilakukan karena Presiden ingin sebelum memulai kinerjanya di Kabinet Indonesia Maju pada periode kedua, ada beberapa hal yang harus ditata seperti memangkas birokrasi yang berbelit-belit dalam hal izin investasi dan peraturan daerah yang menghambatnya. Juga Presiden ingin membangun sinergitas program antara Pusat dan daerah,” kata Bupati Abock kepada papuabangkit.com.

Presiden Jokowi saat memerikan sambutan pada pembukaan Rakornas.

Menurut Bupati Abock, seluruh kepala daerah baik tingkat Provinsi, Kabupaten dan Walikota yang hadir mendapat arahan dari Presiden Jokowi dan para pembantunya terkait visi misi pembangunan yang akan ditargetkan selama 2020-2024.

“Selama ini kan kabupaten jalan sendiri, provinsi jalan sendiri, Pusat jalan sendiri. Karena itu, Program Indonesia Maju dari Presiden ini harus sejalan dengan provinsi dan kabupaten,” ujar Abock yang hadir bersama Ketua DPRD dan Wakapolres Yahukimo.

Ia berharap, dengan Rakornas ini, upaya penghematan angaran dan memangkas aturan yang berbelit belit demi memasukkan program yang langsung menyentuh masyarakat sebagaimana yang diharapkan Presiden bisa tercapai.

 

Diapresiasi Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo hadir dalam Rakornas dan secara resmi membuka kegiatan itu pada Rabu (13/11/2019). Pada kesempatan itu, Jokowi memberikan apresiasi atas penyelenggaraan acara Rapat Koordinasi Nasional Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda Tahun 2019.

Menurut Jokowi, Rakornas ini merupakan yang terlengkap dan terpenting selama ini. Hal itu diungkapkan Jokowi disaat menjadi keynote speaker dengan mengusung tema “Sinergi Pelaksanaan 5 (Lima) Prioritas Pembangunan Nasional Untuk Mewujudkan Indonesia Maju”.

“Rakornas ini sangat penting karena menghadirkan seluruh Kepala Daerah, sampai unsur Forkopimda yaitu DPRD, TNI, Polri, sampai Kejaksaan,” kata Jokowi.

Menurutnya, pertemuan yang menghadirkan seluruh unsur pemerintah daerah tersebut merupakan ide yang cemerlang dan sangat dibutuhkan khususnya dalam hal penyamaan visi pembangunan.

“Lima Visi Pembangunan yang sudah menjad komitmen harus mampu diimplementasikan dari tingkat pusat sampai daerah,” jelasnya.

Dalam lima visi pembangunan tersebut, selanjutnya Jokowi memfokuskan arahannya pada 2 agenda besar bangsa Indonesia.

“Dua agenda besar bangsa yang harus menjadi perhatian kita bersama adalah soal cipta lapangan kerja dan investasi,” ungkap Jokowi.

Jokowi menjelaskan, bangsa Indonesia perlu segera memperbaiki regulasi dan mengurangi produksi regulasi yang tidak perlu demi meningkatkan investasi dan lapangan kerja.

Demi mewujudkan hal tersebut tentunya peran DPRD dan Pemerintah Daerah harus di optimalkan dengan dukungan Polri dan Kejaksaan sebagai unsur pengawas serta TNI sebagai garda terdepan kemanan nasional.

Selain itu juga Jokowi meminta agar seluruh unsur pemerintah daerah bersama mengawasi setiap pengambilan kebijakan dan implementasi kegiatan sesuai dengan lima visi pembangunan.

“Saya akan melihat ke depan, tentunya sanksi sudah disiapkan bagi pihak-pihak yang melanggar dan tidak patuh aturan,” tukas Jokowi.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam laporannya menyampaikan bahwa rakornas ini dihadiri oleh 2.693 peserta yang terdiri atas kepala daerah, DPRD, kepolisian, kejaksaan, dan TNI. Acara ini mengambil tema Sinergi Pelaksanaan Lima Prioritas Pembangunan Nasional untuk Mewujudkan Indonesia Maju.

Menurut Tito, acara ini digelar dengan tujuan untuk menegaskan visi Presiden dan Wakil Presiden serta menyamakan persepsi visi pembangunan pemerintah pusat dan daerah.

“Ini kita harapkan adanya sinergi antara pusat dan daerah dan kesamaan visi dengan tujuan untuk membangun Indonesia yang makin maju ke depan,” katanya.

Turut hadir dalam acara Rakornas Indonesia Maju antara lain para pimpinan lembaga negara dan para Menteri Kabinet Indonesia Maju. (Paul Karma/Diskominfo Yahukimo-Gusty Masan Raya)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *