Perwakilan BKKBN Papua dan Dinas P2KB Kabupaten Jayapura Berbagi Kasih Natal dengan Lansia

Para Lansia yang mendapat bingkisan kasih Natal dari Perwakilan BKKBN Papua dan Dinas P2KB Kabupaten Jayapura, Rabu (11/12/2019).

JAYAPURA (PB.COM) – Perwakilan BKKBN Provinsi Papua bersama Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Jayapura menggelar kunjungan kasih dalam menyongsong hari raya Natal kepada para Lansia di tiga Kampung KB yang ada di Kabupaten Jayapura, Rabu (11/12/2019).

Kunjungan kasih ini dibuka oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw di halaman Kantor Bupati Jayapura. Didampingi Kabid Advokasi, Penggerakan dan Informasi (ADPIN) Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Philmona M. Yarollo, S.Sos.M.Si dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (P2KB) Kabupaten Jayapura, Derek Thimotius Wouw, Bupati Mathius mengaku sangat surprise dengan apa yang dilakukan oleh BKKBN yang menurutnya cukup unik.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw membuka kegiatan kunjungan kasih kepada Lansia, di depan Kantor Bupati Jayapura.

“Saya mengapresiasi BKKBN Provinsi Papua atas inisiasi program mengunjungi para Lansia. Ini adalah bentuk perhatian nyata kepada para orangtua yang sangat berjasa membesarkan dan kami ada sekarang ini, biasa berkarya, itu semua karena jasa-jasa dari orangtua,” kata Mathius. Walaupun bantuan yang diberikan nilainya tidak seberapa, tetapi itu adalah bukti bahwa mereka mendapat perhatian di momen menyongsongNatal ini.

Tiga kampung binaan BKKBN ini, terletak di tengah Danau Sentani. Walaupun terik matahari cukup membakar kulit, namun rombongan yang menggunakan perahu-perahu yang biasa mengangkut masyarakat ini, sangat gembira. Dinaungi tema “Santa Claus is Coming”, lagu-lagu Natal pecah di tengah danau, mengiring rombongan dalam perjalanan.

Kampung KB pertama yang dikunjungi adalah Kampung Dondai. Para Lansia yang tahu akan dikunjungi, sudah duduk tertib di aula pertemuan, saat rombongan tiba.

Kabid Advokasi, Penggerakan dan Informasi (ADPIN) Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Philmona M. Yarollo, S.Sos.M.Si dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Jayapura, Derek Thimotius Wouw kemudian membagi bingkisan-bingkisan kasih, berupa sembako dan beras kepada para Lansia. Sebelumnya, Derek Thimotius Wouw mengatakan, bingkisan yang diberikan memang tidak seberapa, tetapi ini adalah bentuk perhatian pemerintah kepada para Lansia atas jasa-jasa mereka mendidik generasi-generasi penerus yang sudah menunjukkan karya nyata di tengah masyarakat.

Kunjungan ke Kampung KB yang kedua adalah Kampung Omfolo. Kampung Dondai dan Omfolo bagian dari Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura. Sama seperti Kampung Dondai, rombongan disambut Plt Kepala Kampung Omfolo, Nelce K. Taime, S.IP dan masyarakat bersama Lansia yang sudah duduk di kursi-kursi yang tersedia di aula kampung.

Nelce pada kesempatan itu berterima kasih atas kunjungan kasih dari Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Jayapura bersama Perwakilan BKKBN Provinsi Papua. “Kami baru merasakan ada perhatian khusus kepada para orangtua kami yang sudah lanjut usia di tahun 2019 ini oleh BKKBN. Biarlah pelayanan ini bukan hari ini saja, tetapi terus berlanjut di tahun-tahun seterusnya. Tuhan memberkati pemberian ini dan kami menerima ini dengan doa karena kami sangat merasakan kasih itu begitu nyata dalam menyambut hari Natal ini,” ungkap Nelce.

Sementara itu, salah satu Lansia penerima bantuan kasih, Abraham Tokoro, pada kesempatan itu juga turut menyampaikan rasa syukurnya karena ada perhatian dari pemerintah untuk mereka yang sudah tua.

Kunjungan selanjutnya di Kampung Yoboi, Distrik Sentani. Rombongan disambut masyarakat di aula pertemuan dengan sangat antusias. Semua masyarakat, mulai dari anak-anak, pemuda, orang dewasa hingga Lansia, tidak ketinggalan menyambut rombongan dengan wajah riang.

Sekadar mengingat kembali, kampung-kampung KB binaan BKKBN ini adalah kampung yang juga terdampak banjir bandang parah pada bulan April lalu. Di Kampung Yoboi ini, semua rumah warga maupun aula pertemuan, tertutup luapan banjir. Bahkan sempat viral di media di mana masyarakat tetap bertahan dan beribadah Minggu di Gereja dalam keadaan tergenang air danau. Kini, mereka mulai perlahan bangkit, menyongsong hari depan yang lebih baik.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Jayapura, Derek Thimotius Wouw, di hadapan para Lansia maupun masyarakat, mengatakan, pelayanan kasih kepada para Lansia ini, memang sengaja dilakukan menyongsong Natal tahun ini. Sudah menjadi kebiasaan setiap momen Natal, anak-anaklah yang selalu menjadi perhatian.

Kali ini, pihaknya bersama Perwakilan BKKBN Provinsi Papua memberikan perhatian kepada para Lansia, karena di BKKBN ada program pembinaan yang dikenal dengan Tribina, yaitu Bina Keluarga Balita dan Anak (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina Keluarga Lansia (BKL).

“Kami sadar bahwa tidak mungkin kami ada saat ini kalau tidak ada bapa mama yang sudah lanjut usia. Memberi bingkisan kepada anak-anak sudah biasa, tetapi kepada Lansia kami lakukan untuk memberi penghargaan kepada orangtua sebagai ungkapan terima kasih atas jasa mereka kepada kami,” jelas Derek.

Kunjungan kasih di tiga kampung ini, sungguh berkesan. Para Lansia bahagia, rombongan pun bahagia, karena masyarakat menyuguhi makanan kampung seperti papeda, olahan ikan danau, olahan sayuran, ubi-ubian maupun pisang rebus yang sangat menggugah selera makan. (Frida Adriana)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *