Indonesia dan Papua Masih Aman Dari Ancaman Virus Corona

JAYAPURA (PB.COM)-Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Anung Sugihantono, memastikan, pasien yang selama ini diisolasi di beberapa rumah sakit di Indonesia belum terbukti terjangkit virus Corona.

“Kami mendapat sekarang 13 (pasien) dan hasilnya negatif. Dua masih sedang dilakukan pemeriksaan dan mudah-mudahan sudah ada (hasil laboratorium),” ujar Anung di Kemenkes, Jakarta, Senin (27/01/ 2020).

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Anung Sugihantono.

Menurut Anung, masa inkubasi virus Corona terjadi selama 1 hingga 14 hari. Selama masa inkubasi itu, pasien akan diperiksa secara intensif di laboratorium.
Apabila pasien sudah masuk ruang isolasi, dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Anung mengatakan, selama pasien di dalam ruang isolasi belum bisa disebut sebagai penderita virus novel Corona.

“Pertama itu tahapannya people under observation. Kalau suspect dilakukan laboratorium ditemukan virus Corona disebut confirm,” ucap dia.

Anung berharap, virus Corona yang saat ini menjadi perhatian dunia tidak masuk ke Indonesia. Maka dari itu, Kemenkes mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga hidup sehat.

“Imun tubuhlah yang akan melawan (virus),” kata dia.

Papua Masih Aman

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua yang juga menjabat Direktur RSUD Jayapura drg. Aloysius Giyai, M.Kes memastikan bahwa Provinsi Papua masih aman dari virus corona yang amat berbahaya itu.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Papua sekaligus Direktur RSUD Jayapura drg. Aloysius Giyai, M.Kes.

“Kami sudah koordinasi dengan pihak pelabuhan dan bandara untuk perketat pengawasan orang yang masuk ke Papua,” kata Aloysius.

Aloysius juga secara tegas membantah adanya informasi atau pesan berantai yang menyebar di media sosial maupun WhatsApp terkait adanya seorang pasien terinfeksi virus Corona adalah bohong atau berita hoax.

“Itu tidak benar, jangan sebar informasi yang membuat orang panik seperti itu, kami sudah cek semua dan berkoordinasi lintas instansi untuk menangani ini dan tak ada pasien Corona di RSUD Dok II,” tegas Aloysius, Senin (27/01/2019).

Ia juga meminta agar masyarakat tidak perlu panik tetapi tetap waspada.

“Pakai masker jika perlu saat beraktivitas di luar rumah,” pintanya. (Gusty Masan Raya/dbs)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *