Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak, SH.M.Si dan Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore dengan pakaian Suku Dawan, Timor, saat berjalan menuju lokasi pembangunan Gereja Jemaat Bless Kupang NTT, Rabu (12/02/2020).

KUPANG (PB.COM)-Di Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-57, Gereja Injili di Indonesia (GIDI) menjangkau pelayanan ke Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan memulai pembangunan gereja Jemaat Bless Kupang Wilayah Pantai Utara Klasis Port Numbay sebagai sarana ibadah sejumlah mahasiswa Papua dan jemaat setempat.

Acara peletakan batu pertama Gereja GIDI yang berlokasi di Kelurahan Belu Kecamatan Maulafa Kota Kupang, NTT ini dilakukan Bupati Mamberamo Tengah (Mamteng) yang juga kader Gereja Injili Di Indonesia (GIDI) Ricky Ham Pagawak, SH.M.Si, Rabu (12/02/2020) bersama-sama  Walikota Kupang Jefri Riwu Kore, diawali dengan ibadah syukur yang dipimpin Ketua Wilayah Pantura Pdt. Iker Tabuni.

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak dan Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore bersama-sama meletakkan batu secara simbolis pembangunan Gereja Jemaat Bless Kupang NTT.

Turut hadir dalam acara itu, Sekretaris Daerah Kota Kupang Elly Wairata, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (O)PD Pemkab Mamteng, perwakilan GIDI Wilayah Pantura, Bogo, jemaat Bless dan masyarakat sekitar serta mahasiswa-mahasiswa Papua yang tengah menuntut ilmu di Kota Kupang.

Rencana pembangunan gereja berukuran 15 x38 meter ini terbilang cepat. Sebab hanya tiga bulan usai pembelian lahan pada November 2019 lalu, Bupati Ricky langsung bergerak cepat merealisasikannya.

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak bersama sejumlah mahasiswa-mahasiswi Papua yang sedang studi di Kota Kupang.

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak dalam sambutannya
menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Kota Kupang yang sudah membuka diri menerima gereja pribumi dari Papua.

“Kami hadir di Kupang dalam satu visi dan misi gereja, pasti ini merupakan rencana Tuhan. Kami sampaikan terima kasih karena bapak Walikota bisa menerima kami di sini. Begitu pun dengan pimpinan-pimpinan gereja di Kota Kupang,” ujar Ricky.

Menurut Ricky, kehadiran gereja GIDI bersama gereja-gereja lain di Kupang hanya punya satu tujuan yakni memuji dan memuliakan nama Tuhan dan menyelamatkan jiwa jemaat.

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak dan Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore bersama Pdt. Daniel memotong kue HUT Gereja GIDI ke-57.

Bupati yang akrab dipanggil RHP ini menjelaskan, pembangunan gereja GIDI di luar Provinsi Papua seperti di Kota Kupang merupakan yang ketiga. Pembangunan gereja yang sama juga tengah dilakukan di Dusun Sedagok Kabupaten Landak dan Pontianak Kalimantan Barat dan di Toraja Sulawesi Selatan.

“Saya ditugaskan gereja untuk membangun gereja GIDI di empat pulau yakni Kalimantan, Sulawesi, NTT dan Maluku. Di Pontianak lagi proses pembangunan sudah 99 persen selesai, rencana 1 Mei tahun ini diresmikan. Di Toraja, kami sudah membeli tanah, rencana tahun ini juga di bangun. Dan yang ketiga di Kupang, pembangunan. Ini tidak lepas dari dukungan pemerintah, kepala-kepala kampung dan pegawai Mamberamo Tengah yang berjumlah 1.600 pegawai,” tambahnya.

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore menyampaikan terimakasih kepada Bupati Mamberamo Tengah yang luar biasa memberikan kesempatan membantu saudara-saudara untuk peningkatan iman dalam bentuk pembangungan gereja.

Jefri menegaskan Pemkot Kupang mendukung penuh semua proses perijinan gereja GIDI Jemaat Bless Kupang dengan mempercepat proses IMB-nya agar pembangunannya berjalan dengan lancar.

“Kami akan membuka diri, kalau pemerintah sudah mendukung sudah pasti masyarakat dengan sendirinya ikut mendukung. Saudara-saudara disini juga akan ikut terlibat,” ujar politisi Partai Demokrat ini.

Perwakilan Gereja GIDI, Pdt. Daniel Pagawak berterima kasih sedalam-dalamnya atas dukungan Wali Kota Kupang dan Pemkab Mamberamo Tengah.

“Ini baru pertama kali terjadi peletakan batu pembangunan gereja di luar Papua bisa dihadiri Wali Kota bersama perangkatnya dan juga Bupati Mamberamo Tengah. Ini luar biasa,” ujarnya.

Pdt, Daniel mengaku akan mendoakan pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah dan pemerintah Kota Kupang agar senantiasa diberkati Tuhan sehingga sukses dalam tugas pelayanan bagi masyarakat. (Gusty Masan Raya/Reis Masella)

Facebook Comments Box