Petugas TNI AU memberi aba-aban saat pendaratan Pesawat Hercules di Dekai

Petugas TNI AU memberi aba-aban saat pendaratan Pesawat Hercules di Dekai

YAHUKIMO (PB) : Setelah pada bulan Oktober 2016 lalu, didarati pesawat Kepresidenan, kali ini kembali ratusan masyarakat Dekai ibukota kabupaten Yahukimo, Papua, Sabtu (15/04/2017),  memadati Bandar udara Nop Goliath guna menyaksikan langsung pendaratan perdana pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara (AU), yang selanjutnya akan melayani rute itu secara tetap.

Pantauan dari Dekai, sekitar pukul 10.15 Wit, pesawat yang membawa Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Jayapura, Kolonel Pnb Erwan Andrian akhirnya mendarat mulus setelah sempat dua kali sang pilot melakukan manuver yang disambut antusias masyarakat.

Keriuhan teriakan masyarakat yang berdiri didalam dan luar area bandara semakin kencang saat pesawat berhenti dengan baik dan mematikan mesin. Selanjutnya, rombongan Bupati Yahukimo Abock Busup dan Wabup Yulianus Heluka langsung menuju pesawat serta memberikan kalungan bunga bagi Danlanud serta para kru Hercules.

Bupati Abock yang disaat yang sama merayakan setahun kepemimpinannya bersama Yuliaus Heluka sebagai kepala daerah Yahukimo mengatakan, hal ini dilakukan demi pembangunan disana serta sesuai keinginan masyarakat.

“Ini sesuai permintaan masyarakat, selama ini memang ada monopoli penerbangan sehingga harga tiket dan kargo relative mahal. Makanya kita sudah perluas bandara dan bisa didarati pesawat ukuran besar. Selain Trigana dan Wings Air yang sudah melayani rute Dekai, kita tambah lagi dengan kerjasama TNI AU untuk Hercules melayani di Yahukimo. Dan hari ini adalah hasilnya,” papar Abock.

Dirinya berharap, dengan masuknya Hercules ke Dekai, masyarakat bisa terbantu untuk akses pembangunan serta transportasi.

Dalam kesempatan itu, Bupati Abock juga memberikan hibah tanah seluas 30 hektar kepada pihak TNI AU, untuk dipergunakan membangun kantor ataupun perumahan bagi anggotanya. Selain itu, akan juga dibangun hangar bagi pesawat Hercules di bandara Dekai.

Penyerahan Tanah hibah 30 hektar bagi TNI AU oleh Bupati Yahukimo Abock Busup kepada Danlanud Jayapura Kolonel Erwan, langsung dilakukan di lokasi tanah yang terletak dipinggir jalan pusat kota Dekai. Penyerahan ditandai penandatanganan naskah hibah penyerahan oleh kedua belah pihak dan para saksi dari unsur legislative dan pemerintahan lainnya.

“Kita berharap dengan masuknya pesawat Hercules dan TNI AU di Dekai, bisa membawa perubahan yang lebih baik. Tanah 30 hektar ini kami berikan gratis, silahkan kapan saja kami menanti pihak TNI AU datang dan membangun disini. Kami hanya berharap TNI AU dapat memberdayakan juga masyarakat asli Yahukimo,” pinta Abock.

Sementara Danlanud Jayapura, Kolonel Erwan Andrian mengatakan, atas nama korps dan keluarga besar mengapresiasi apa yang dilakukan oleh pemerintah daerah Yahukimo.

“Kita telah bersama Bupati menghadap pimpinan dan kini pesawat Hercules bisa melayani rute Dekai. Kami sangat mengapresiasi pemberian tanah seluas ini. Kedepan kita siap bekerjasama membangun Yahukimo dan memberdayakan masyarakat yang ada,” ujarnya. (Admin)

 

Facebook Comments Box