Ketua DPRD Tolikara Ikiles kogoya,S.IP didampingi PLH Bupati Tolikara Drs. Panus kogoya dan Wakil Ketua I Epius Obama Tabo, S.Sos, Wakil ketua II Yotam R. Wenda, SH memimpin Rapat Paripurna Istimewa Pengesahan dan Pengangkatan Bupati Tolikara Terpilih 2017-2022 di Hotel Sahid Jayapura Sabtu, (12/08/2017)

 JAYAPURA (PB)—Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tolikara menggelar Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda pengesahan dan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Tolikara Periode 2017-2022 di Hotel Sahid Jayapura, Sabtu, (12/08/2017).

Dalam rapat tersebut, DPRD Tolikara menetapkan pasangan No. Urut 1 Usman Genongga Wanimbo, SE.M.Si dan Dinius Wanimbo, S.Sos sebangai Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2017-2022 menyusul diterimnya Putusan Mahkamah Konstitusi MK di Jakarta 31 Juli dengan nomor 14/PHP.BUP.XV/2017dan Pleno Penetapan Bupati terpilih oleh KPU Provinsi Papua di Jakarta.

Dalam release yang diterima Papua Bangkit, Rapat Paripurna pengesahan dan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Tolikara Ikiles kogoya,S.IP didampingi dan Wakil Ketua I Epius Obama Tabo,S.Sos, Wakil Ketua II Yotam Robert Wenda, SH serta Plh. Bupati Tolikara Drs. Panus Kogoya dihadiri 29 Anggota DPRD dari total 30 anggota DPRD Tolikara.

Selain Bupati dan Wakil Bupati Tolikara terpilih Usman dan Dinus, hadir juga dalam rapat tersebut,  Ketua KPU Tolikara bersama anggota, para kepala OPD lingkup Kabupaten Tolikara, TNI/Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, serta simpatisan Bupati  dan Wakil Bupati terpilih.

Ketua DPRD Tolikara Ikiles Kogoya, S.IP dalam sambutannya mengatakan, DPRD memberi penghargaan yang setinggi-tingginya kepada KPU Tolikara dan KPU Provinsi Papua,  Panwaslu, dan Bawaslu Provinsi, PPD, dan TNI/Polri, serta seluruh masyarakat Tolikara atas upaya dan dukungannya dalam menyukseskan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Tolikara. Ia mengatakan, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tolikara telah menyita perhatian dari semua pihak dengan mengeluarkan biaya dan tenaga sangat besar. Dimana pemilihan harus dilaksanakan dua kali yakni pemilihan pertama 15 Februari 2017 dan pemungutan suara ulang 17 Mei 2017 akibat sengketa dari calon lain.

“Karena itu, kami DPRD Tolikara mengajak seluruh masyarakat Tolikara untuk mendukung penuh kepemimpinan Bupati terpilih Usman G. Wanimbo, SE,M.Si dan Dinius Wanimbo, S.Sos karena kemenangan ini adalah kemenangan untuk kita bersama demi pembangunan Tolikara ke depan yang lebih baik,” kata Ikiles.

Menurut Ikiles, perbedaan pendapat antarwarga Tolikara saat pemilihan kemarin itu sangat wajar dalam demokrasi politik langsung ini. Mayoritas warga Tolikara telah memberikan dukungan penuh kepada pasangan Usman-Dinus di antara tiga kandidat putra-putri terbaik yang maju dalam pilkada serentak 2017 kemarin. Oleh karena itu, Ketua DPRD mengajak seluruh masyarakat Tolikara patut mendukung penuh kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Usman-Dinus.

“Kemenangan Usman-Dinus sebangai Bupati dan Wakil Bupati Tolikara periode berikutnya adalah kemenangan seluruh masyarakat Tolikara. Karena itu, saya minta seluruh masyarakat harus mendukung penuh kepemimpinan mereka lima tahun ke depan,” tegasnya.

Pada kesempatan iti, Pimpinan dan anggota DPRD juga meminta kepada Sekwan Tolikara agar setelah sidang penetapan ini dapat segera menyiapkan dokumen guna proses  pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Provinsi Papua. Sambil menunggu proses SK Bupati dan Wakil Bupati defenif itu, Ketua DPRD Ikiles Kogoya berharap Pemerintah Tabupaten Tolikara di bawah kepemimpinan Plh. Bupati, Drs. Panus Kogoya dapat menjalankan roda pemerintahan seperti biasa.

Pimpinan DPRD Tolikara foto dan jurnalis foto bersama Bupati dan Wakil Bupati Tolikara Terpilih Usman Genonga Wanimbo, SE,M.Si dan Dinius Wanimbo, S.Sos usai Rapat Paripurna Istimewah.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua I Epius Obama Tabo, S.Sos dan Ketua II  Yotam Robert Wenda, SH. Keduanya sama-sama memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh komponen masyarakat Tolikara yang telah menyukseskan Pilbup Tolikara tahun ini.

“Walaupun situasi saat Pilbup kemarin berjalan dengan persaingan perebutan suara sangat ketat. Namun situasi itu mampu dikendalikan oleh seluruh masyarakat Tolikara sehingga saat ini kami semua menerima hasil dengan baik pula. Karena itu masyarakat Tolikara diminta untuk mendukung penuh kepemimpinan Usman-Dinus membangun Tolikara yang lebih baik ke depan,” kata Obama Tabo.

Pihaknya juga memberikan penghargaan tinggai kepada paslon nomor urut 2 Amos Jikwa, SP dan Rebeca Enembe, paslon nomor urut 3 DR. (HC) John Tabo, SE.MBA dan Barnabas Weya, S.Pd dimana telah mengikuti proses pemilihan  sampai pada penetapan di Mahkamah Kontitusi (MK) Republik indonesia. (Therwes Yikwa/Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box