Gubernur Papua Lukas Enembe meresmikan gedung kantor Sekertariat Panitia Besar (PB) PON XX tahun 2020 yang terletak di Jalan Amphibi Angkatan Laut, Hamadi Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Jumat (20/10/2017) pagi.

JAYAPURA,- Gubernur Papua Lukas Enembe meresmikan gedung kantor Sekertariat Panitia Besar (PB) PON XX tahun 2020 yang terletak di Jalan Amphibi Angkatan Laut, Hamadi Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Jumat (20/10/2017) pagi.

Acara peresmian ditandai dengan membunyikan sirene dan pengguntingan pita oleh gubernur didampingi jajaran Forkopimda Papua dan Ketua Harian PB PON, Yunus Wonda. Dengan diresmikannya kantor sekertariat PB PON, Gubernur Lukas meminta semua orang tidak lagi pesimis bahwa PON XX tidak akan dilaksanakan di Papua.

“Pada intinya kami pemerintah provinsi menyambut baik dengan keberadaan sekertariat ini. Saya juga mau menegaskan bahwa tidak boleh ada lagi keraguan bahwa PON tidak bisa dilaksanakan di Papua. Kita sudah bangun Stadion Sport Mimika yang infonya terbesar kedua di Indonesia setelah Stadion Gelora Bung Karno,” ujar Gubernur Lukas.

Dia juga mengingatkan bahwa setelah peresmian gedung maka semua aktivitas yang menyangkut PON akan dilaksanakan di kantor ini. “Jangan di tempat lain, semua harus dilaksanakan di sini,” ujarnya mengingatkan.

Menyangkut pembangunan fasilitas lainnya, kata gubernur akan segera dibangun, termasuk pembangunan Stadion Papua Bangkit yang saat ini progressnya sudah surplus 9 persen da  target aka  selesai pada Desember 2018.

Menyangkut anggaran, Pemerintah Provinsi Papua akan menganggarkan dalam APBD. “Untuk anggaran kita telah anggarkan dalam APBD tahun ini yaitu untuk PON dan juga Pilgub 2018. Jika ada kekurangan akan ditambahkan dalam APBD Perubahan,” ujar gubernur seraya menambahkan pembangunan juga akan difokuskan di sejumlah cluster di Kabupaten Jayawijaya, Merauke, dan Biak.

“Ini sejarah bahwa hanya  PON di Papua yang Presiden kasih keluar Inpres dan hanya PON di Papua bahas khusus dalam rapat terbatas. Dengan demikian sekali lagi kita optimistis pelaksanaan PON Papua akan sukses,” akunya optimis.

“Tentunya ini adalah kesuksesan masyarakat Papua. Sebab harga diri olahraga orang Papua ada disitu. Kita bersyukur  negara mempercayakan Papua sebagai tuan rumah PON.”

Selain menyiapkan fasilitas infrastruktur PON, gubernur juga mengingatkan untuk disiapkan atlet. “Kepada setiap Kabupaten harus menyiapkan atletnya. Sebab kami mau tunjukkan bahwa kami siapkan atlet berprestasi yang bisa mengguncang asia dan dunia,” tegas Gubernur.

Sementara itu Ketua Harian PB PON XX, Yunus Wonda menyebutkan bahwa gedung ini adalah yang pertama disiapkan. “Kami optimis PON bisa dilaksanakan. Sebab kita dipercayakan oleh negara. Oleh sebab itu mari bergandeng tangan , tinggalkan semua pemikiran tidak bisa, tidak mungkin tapi kita harus yakin pasti bisa,” ujarnya optimistis.

Dia menambahkan, dalam sekertariat akan dibantu oleh putra asli Papua lulusan luar  negeri antara lain  4 lulusan  Australia, 2 Amerika dan 2 dari Jepang. [Riri]

Facebook Comments Box