Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY saat melakukan kegiatan patroli keamanan kembali berhasil menemukan tanaman ganja setinggi 2 – 2,5 meter di wilayah perbatasan RI-PNG.

KEEROM (PB) – Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY saat melakukan kegiatan patroli keamanan kembali berhasil menemukan tanaman ganja setinggi 2 – 2,5 meter di wilayah perbatasan RI-PNG.

Dalam rilis yang diterima redaksi Minggu (12/11/2017) malam melalui Pendam XVII Cenderawasih, Dansatgas Yonif Mekanis 512/QY Letkol Inf Budi Handoko, S.Sos mengatakan, penemuan tanaman ganja kali sama persis dengan penemuan sebelumnya (30 Oktober 2017) lalu yaitu murni dari pelaksanaan kegiatan patroli keamanan wilayah Pos Kalimo yang dipimpin oleh Letda Inf Eko Widiyanto Kompi A Satgas Yonif Mekanis 512/QY.

Ia menjelaskan, penemuan ladang kebun ganja kali ini adalah untuk yang keempat kalinya bagi Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY dan ketiga kalinya oleh Pos 3-A/Yonif Mekanis 512-Kalimo selama melaksanakan tugas pengamanan perbatasan mulai bulan Mei 2017 di wilayah Kab. Keerom dan Kabupaten Pegunungan Bintang.

Letda Inf Eko Widiyanto selaku Danpos 3-A/Yonif Mekanis 512-Kalimo yang juga bertindak sebagai Dantim patroli memimpin pelaksanaan Patroli keamanan menyampaikan bahwa penemuan tanaman ganja kali ini sama persis dengan penemuan sebelumnya yaitu secara tidak sengaja.

Tanaman tersebut berada di tengah hutan wilayah Distrik Waris. “Kedudukan/titik tersebut termasuk dalam koordinat rute patroli keamanan yang dilaksanakan oleh tim patroli. Karena penemuan kali ini cukup banyak, maka setelah melaksanakan penyisiran dan pencabutan pohon-pohon ganja setinggi 2 s/d 2,5 M tersebut selanjutnya tim Patroli melaksanakan pengunduran kembali ke pos tidak melanjutkan patroli ke cek point berikutnya,” terangnya. Selanjutnya barang bukti 27 batang tanaman ganja setinggi 2 s.d 2,5 tersebut diserahkan kepada Tim Intel Kolakopsrem 172/PWY untuk dimusnahkan.

Terkait dengan penemuan ladang ganja yang keempat kalinya di wilayah Distrik Waris ini, Dansatgas Yonif Mekanis 512/QY Letkol Inf Budi Handoko, S.Sos, memberikan instruksi kepada seluruh pos jajaran Satgas Yonif Mekanis 512/QY khususnya pos-pos yang berada di wilayah tersebut untuk terus meningkatkan intensitas kegiatan patroli keamanan serta aktif mencari dan menggali informasi terkait dengan keberadaan ladang ganja lain yang sangat mungkin masih terdapat di sekitar perbatasan RI-PNG. (YMF/Ed-Fri)

Facebook Comments Box