Gubernur Lukas Enembe menyerahkan tropi kepada juara 1 LUKMEN Cup di Kampung Brabongko Distrik Ebungfauw Kabupaten Jayapura, Sabtu (20/10/2018).

JAYAPURA (PB)—Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP.MH mengajak seluruh masyarakat yang mendiami pulau-pulau di seputaran Danau Sentani, Kabuparen Jayapura bergendangan tangan dengan pemerintah untuk bersama-sama mengambil peran menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di Papua. Sebab perhelatan pesta olahraga terakbar nasional ini juga adalah pesta seluruh rakyat Papua.

Ajakan itu disampaikan Gubernur Lukas saat hadir mensosialisasikan pelaksanaan PON XX Papua kepada masyarakat di Kampung Babrongko, Distrik Ebungfauw Kabupaten Jayapura, Sabtu (20/10/2018). Sosialisasi ini sekaligus dalam rangka penyerahan hadiah  bagi pemenang pertandingan Futsal dan Volly dalam ajang LUKMEN Cup, yang digelar Koalisi Papua Bangkit jilid II sejak April hingga Juni 2018 lalu. Koalisi Papua Bangkit Jilid II merupakan, Koalisi yang mengusung pasangan petahana Lukas Enembe-Klemen Tinal (LUKMEN) dalam Pilkada Gubernur Papua 2018.

Gubernur Lukas Enembe bersama para perwakilan juara LUKMEN Cup, Ondofolo Ramses Wally dan Ketua Tim KPB II, DR. Yunus Wonda, SH.MH.

“Para pemuda  di kampung ini kalian harus bersiap diri menghadapi PON yang tinggal dua tahun lagi. Kalian harus terus berlatih, asah kemampuan kalian di bidang olahraga (olahraga dayung, volly dan futsal). Kalian harus tunjukkan bahwa atlit Papua juga bisa bersaing dengan atlit dari daerah lain. Saya ingin semua orang bisa mengambil bagian dalam menyukseskan PON, bukan hanya masyarakat di kampung ini, tapi seluruh warga Kabupaten Jayapura dan juga masyarakat Papua,” ujar Gubernur Lukas.

Menurut Gubernur, sesuai rencana, pembukaan pesta olahraga empat tahunan ini akan dihelat di Stadion Papua Bangkit yang berada di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura pada 20 Oktober 2020 mendatang. Stadion yang yang ditargetkan rampung Desember 2018 ini kini sudah mulai tampak berdiri megah dan menjadi salah satu ikon pembangunan era kepemimpinan LUKMEN.

Gubernur Lukas Enembe saat memberikan sambutan.

Menjadi tuan rumah PON, kata Lukas, akan menjadi bukti sejarah yang akan selalu diingat oleh para generasi penerus di Papua. Oleh karena itu, Lukas meminta Papua harus memberikan yang terbaik, tidak hanya sukses dalam penyelenggaraan sebagai tuan rumah, tetapi juga sukses dalam prestasi para atlitnya dan tentunya sukses dalam administrasi.

“Kalau jadi juara PON selama ini masih dipegang oleh provinsi di pulau Jawa. Tapi setidaknya target kita bisa masuk 10 besar. Kita harus kembalikan kejayaan atlit Papua seperti di masa masa lampau. Kalau perlu atlit Papua tidak hanya menang di PON tetapi juga di tingkat Asia bahkan dunia,” ujar Lukas penuh optimis.

Gubernur Lukas bersama sejumlah tamu undangan yang hadir, di antaranya Ketua Tim KPB II, DR. Yunus Wonda, SH.MH.

Pada kesempatan itu, Lukas juga menyampaikan terima kasih, khususnya kepada ondofolo yang juga ketua salah satu partai koalisi, PKPI Papua, yang telah mengusulkan dan menggelar pertandingan olahraga di kampungnya, Babrongko dan Putali. Gayung bersambut, ide ini diterima oleh Ketua Koalisi, Yunus Wonda yang kemudian datang membuka secara resmi pertandingan pada April lalu bersama dengan anggota koalisi lainnya.

“Ini kali kedua saya datang kesini. Dulu waktu pencalonan periode pertama 2013 lalu saya pernah kesini dan sekarang saya datang lagi. Terima kasih kepada seluruh masyarakat di kampung ini yang telah memberikan dukungan doa dan suaranya buat saya dan pak Klemen Tinal, sehingga kami bisa kembali melanjutkan kepemimpinan di periode kedua. Walaupun secara keseluruhan di Kabupaten Jayapura kami kalah. Namun kami tetap berterima kasih kepada masyarakat Jayapura yang telah memberikan dukungan suaranya kepada kami. Sejarah itu dimulai dari sini,” ucapnya berterima kasih.

Ketua Panitia Penyelenggara LUKMEN Cup yang juga seorang ondofolo dari kampung Babrongko, Ramses Wally menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Lukas Enembe yang telah hadir dan menyerahkan langsung hadiah bagi para pemenang LUKMEN Cup.

“Terima kasih buat bapak Gubernur yang sudah sangat memperhatikan masyarakat di kampung ini. Dulu waktu pembukaan, hanya dihadiri Ketua Koalisi, dan Ondofolo di kampung ini sudah mendoakan, bahwa Lukmen akan menang dan itu terbukti hari ini,” katanya.

Perhelatan LUKMEN Cup diikuti para putra putri dari kampung Babrongko dan Putali. Hadiah pembinaan bagi para pemenang cukup besar. Untuk juara 1 mendapat uang pembinaan sebesar Rp50 Juta, juara II sebesar Rp40 Juta, Juara III Rp30 Juta dan juara IV sebesar Rp20 Juta. (Gusty Masan Raya/AR)

 

Facebook Comments Box