Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP.MH didampingi Menteri PUPR Dr. Ir. Basuki Hadimuljono memberi keterangan pers usai pertemuan di Kantor Kementerian PUPR, Selasa (30/10/2018).

JAKARTA (PB)—Pemerintah Provinsi Papua memastikan akan membangun venue cabang olahraga (cabor) Hockey sebagai bagian dari pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020. Lokasi venue Hockey yang berada di Kabupaten Biak Numfor dibangun untuk pembinaan jangka panjang cabor tersebut.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP.MH kepada pers usai pertemuan dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dr. Ir. Basuki Hadimuljono di kantor PUPR, Selasa (30/10/2018) mengatakan selama ini atlet-atlet  Hockey Papua telah berkontribusi dalam membela nama daerah maupun nama  Indonesia dalam iven iven bergengsi seperti Sea Games, Asian Games dan iven internasional lainnya. Oleh karena itu, venue cabor ini merupakan kebutuhan bagi pembinaan para atlit Papua ke depan.

“Bapak Menteri, pembangunan venue Hockey di Biak karena selama ini pembinaan atlet-atlet  Hockey  dilakukan di sana dan atletnya membela nama daerah dan negara,” ujar Gubernur Lukas usai pertemuan dengan Menteri PUPR.

Menteri PUPR Dr. Ir Basuki Hadimuljono kepada pers mengatakan kementeriannya siap mendukung pembangunan venue PON XX  termasuk pembangunan venue Hockey di Biak Numfor.

Sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 10 tahun  2017 tentang dukungan penyelenggaraan PON XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2020 di Bumi Cenderawasih, pembangunan venue yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) antara lain venue Aquatic, Istora, Kriket dan Velodrome.

Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua, Kenius Kogoya, SP.M.Si (paling kanan) berpose dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai pertemuan di Jakarta.

Sementara itu, Sekretaris Umum  Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua, Kenius Kogoya, SP.M.Si mengapresiasi dukungan Menteri PUPR dan Gubernur Papua yang menyepakati pembangunan venue Hockey di Biak Numfor.

Menurutnya, kesepakatan tersebut merupakan langkah kongkrit untuk pembinaan atlet Papua  kedepan.

“KONI Papua menyambut baik pembangunan venue Hockey di Biak. Karena  pembinaan dapat berkelanjutan dan tentunya melahirkan atlet-atlet terbaik,” ujar Kogoya (Gusty Masan Raya/hb)

 

Facebook Comments Box