Personil Satgas memeriksa amunisi kaliber 7,62 mm yang ditemukan warga.

JAYAPURA (PB.COM) – Puluhan butir amunisi berkaliber 7,62 mm ditemukan seorang warga di kebun miliknya yang berada di kampung Skouw Mabo, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Senin (13/5).

Warga yang diketahui bernama Tono (45) menemukan 44 butir amunisi saat tengah beraktivitas di kebun miliknya.

“Saat menggali tanah untuk menggemburkan tanahnya, Bapak Tono merasakan cangkul yang digunakannya mengenai benda asing. Di kedalaman kurang lebih 40 cm, Pak Tono  melihat ada benda asing seperti potongan besi-besi kecil, saat dibersihkan dari tanah bentuknya seperti peluru sehingga langsung melaporkan ke Pos Ramil Muara Tami,” ungkap Dansatgas Pamtas Yonif PR 328/DGH Mayor Inf Erwin Iswari, S.Sos., M.Tr (Han) soal kronologis kejadiannya.

Setelah mendapat informasi tersebut, lanjut Erwin, Danpos Muara Tami Lettu Inf Rahmanto beserta 9 Personel Satgas bergerak menuju lokasi penemuan.

“Saat di periksa oleh Personel Satgas diketahui munisi tersebut berkaliber 7,62 mm dan saat dikumpulkan berjumlah sekitar 44 butir,” terangnya. Atas penemuan amunisi tersebut, Personel Satgas melakukan penyisiran di sekitar lokasi.

“Saya perintahkan Personel yang di lokasi untuk lakukan penyisiran, siapa tahu masih tersimpan ataupun masih ada sisa-sisa munisi lainnya atau pun bahan peledak yang masih tertanama di bawah tanah. Untuk munisi tersebut masih kami amankan di Pos Satgas,” terangnya.

Penemuan amunisi bukanlah menjadi yang pertama di wilayah Skouw Mabo, sebelumnya Personel Satgas juga menemukan sebuah bom berukuran besar di lokasi yang sama. “Jika kita lihat memang daerah Skouw Mabo dekat dengan pantai dan jika diidentifikasi bahwa amunisi tersebut merupakan peninggalan dari perang dunia II,” tutupnya. (Andi/Frida)

Facebook Comments Box