Gubernur Papua, Lukas Enembe lantik Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager di Gedung Negara Dok V Jayapura, Selasa (30/7/2019).

JAYAPURA (PB.COM) – Setelah mengalami penundaan sekian lama, Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP.MH akhirnya secara resmi melantik Piter Gusbager sebagai Wakil Bupati Keerom untuk sisa masa jabatan 2016 – 2021.

Piter Gusbager menggantikan Muhammad Markum yang kini telah menjadi Bupati Keerom setelah Bupati Keerom sebelumnya, Celcius Watae tutup usia pada Januari 2018 lalu.

Acara pelantikan berlangsung di Gedung Negara Jayapura, Selasa (30/7/2019) dihadiri jajaran Forkopimda Provinsi, Sekda Hery Dosinaen, dan Muspida Kabupaten Keerom beserta para pimpinan SKPD.

Terpilihnya Piter Gusbager sebagai Wakil Bupati berdasarkan usulan partai pengusung melalui sidang Paripurna DPRD Keerom Dimana dari dua  nama yang diusulkan partai Golkar, Piter terpilih mengalahkan Herman Yoku.

Ini menjadi salah satu penyebab terlambat turunnya SK Mendagri untuk pelantikan Piter Gusbager. Selain itu, salah satu partai pengusung yakni PKS juga terlambat dalam memasukkan berkas ke Kemendagri.

“Pelaksanaan pemilihan Wakil Bupati Keerom sedikit terjadi polemik panjang yaitu dari partai pengusung dan pemerintah Keerom sehingga membuat proses (pelantikan) ini tertunda. Namun bahwa Keputusan Mendagri sudah sah, dan hari ini kami lantik,” ujar Gubernur Lukas dalam sambutannya.

Gubernur meminta Wakil Bupati yang baru dilantik agar senantiasa bersinergi dengan Bupati dalam menjalankan pemerintahan dalam pelaksanaan pembangunan. “Saya meminta Wakil Bupati  tetap menjalankan visi misi pembangunan daerah,” pinta Gubernur.

“Harus  dukung bupati  dalam menjalankan pemerintahan. Tugas bupati dan wakil bupati jelas dalam uu apa yang harus dikerjakan, Jangan langkahi kewenangan Bupati,” tambah Gubernur mengingatkan. (Andi/Frida)

Facebook Comments Box