Project Manager Venue Akuatik, Istora, Hoki dan Kriket, Anggoro Putro.

JAYAPURA (PB.COM) – Pembangunan Istora Papua Bangit di kawasan Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, yang akan digunakan sebagai venue utama Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (PEPARNAS) XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua saat ini sudah mencapai 32% dari target yang ditetapkan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Pemerintah Provinsi Papua, Alexander Kapisa. “Pembangunan venue yang saat ini sedang berlangsung, khususnya yang dibiayai dengan APBN, secara keseluruhan menunjukkan perkembangan positif. Hasil koordinasi kami dengan pihak PUPR, rata-rata kemajuannya di atas 5 persen dari target yang ditentukan,” ujar Alexander Kapisa saat ditemui di ruang kerjanya baru-baru ini.

Untuk venue yang dibiayai APBN sebagaimana tertuang dalam Instruksi Presiden No 10 Tahun 2017 tentang Dukungan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX dan Pekan Paralimpik Nasional XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua, lanjut Kapisa, ia sangat optimis akan dapat diselesaikan tepat waktu.

“Kami sangat senang dengan kemajuan yang telah dicapai dalam penyiapan venue PON oleh pemerintah pusat, sementara venue-venue yang disiapkan melalui dana APBD juga sudah berproses. Secara keseluruhan kemajuan penyiapan venue-venue untuk PON akan kami sampaikan secara regular kepada teman-teman media untuk disampaikan ke masyarakat,” tegas Alexander Kapisa.

Di tempat terpisah, Project Manager Venue Akuatik, Istora, Hoki dan Kriket, Anggoro Putro, saat ditemui di kompleks Istora beberapa waktu lalu menyampaikan bahwa sampai saat ini capaian-capaiannya sangat menggembirakan dalam penyelesaian venue-venue yang ditugaskan kepada pemerintah pusat.

“Kami sampaikan bahwa seluruh progress venue PON yang ditangani oleh Kementerian PUPR berada dalam zonasi deviasi positif dan tidak ada yang berada dalam deviasi negative. Bahkan untuk venue hoki dan kriket saat ini deviasi positifnya mencapai 8 persen,” ujar Anggoro.

Dengan kemajuan yang dicapai tersebut, Anggoro pun optimis bahwa venue-venue yang sedang disiapkan dapat selesai tepat waktu. “Kalau istora kami targetkan selesai pada akhir Juni 2020 dan aquatic pada akhir Juli 2020,” sambung Anggoro. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box