PUPR-BNPB Lakukan Pendataan Untuk Perbaiki Fasilitas Kantor dan Perumahan Terdampak Kerusuhan Jayapura

Menteri PUPR M. Basoeki Hadimoeljono saat menjawab wartawan di Ruang VIP Bandara Sentani, Selasa (03/09/2019)

JAYAPURA (PBCOM)-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan pendataan terhadap fasilitas perkantoran baik milik pemerintah maupum swasta serta perumahan yang dirusak dan dibakar massa dalam demonstrasi anti rasisme berujung anarkis pada Kamis (29/08/2019) pekan lalu di Jayapura.

Menteri PUPR Ir. M. Basoeki Hadimeljono, M.Sc.Ph.D dan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo beserta rombongan sejak Selasa pagi (03/09/2019) telah tiba di Kota Jayapura dan langsung melakukan pendataan kantor dan perumahan sesuai perintah Presiden Jokowi.

“Saya ke sini atas perintah Presiden untuk segera membersihkan dan memperbaiki kantor-kantor yang rusak karena kejadian kemarin. Mulai hari ini kita langsung bersihkan,” ujar Menteri Basoeki kepada sejumlah wartawan di Ruang VIP Bandara Sentani Jayapura.

Kepala BNPB Letjen Doni Monardo bersama Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono saat berada di Ruang VIP Bandara Sentani.

Ia berharap dari hasil inventarisasi di lapangan tidak terlalu berat untuk bisa segera perbaiki. Nantinya, kata Basoeki, pihaknya akan melibatkan Balai Besar Jalan dan Jembatan, Dinas PUPR dan BPNB.

“Tadi rutenya dari Waena langsung sampai ke Pelabuhan Laut Jayapura. Semuanya nanti kita akan lihat, baik itu kantor, ruko dan juga perumahan. Nantinya yang akan diperbaiki adalah sektor milik pemerintah dan swasta,” tutur alumni SMA Gabungan Jayapura ini.

“Kebetulan juga ada Pak Kepala BNPB yang juga akan merekap untuk bisa menangani perumahan dan ruko, yang nanti ditangani BNPB sebagai stimulant untuk bantuan. Sedangkan kantor-kantor akan segera kita perbaiki. Dananya dari APBN,” lanjut Basoeki. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *