Resmikan Jembatan Youtefa, Presiden Jokowi Harap Bisa Atasi Kemacetan di Kota Jayapura

Presiden Joko Widodo resmikan Jembatan Youtefa, Senin (28/10/2019).

JAYAPURA– Presiden RI, Joko Widodo meresmikan jembatan Youtefa yang berada di atas Teluk Youtefa, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Senin (28/10/2019) sore.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penekanan tombol sirene  oleh Presiden Joko Widodo yang didampingi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Mendagri, Tito Karnavian, Kepala BIN, Budi Gunawan, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Plt. Kapolri, Komjen Ari Dono, Gubernur Papua, Lukas Enembe, Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, Ondoafi Muara Tami, Abisai Rollo. Tampak pula Ibu negara, Iriana Jokowi dan Ibu Yulce Enembe mendampingi saat peresmian.

Presiden dalam sambutannya berharap, kehadiran Jembatan Youtefa dapat menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan kepadatan penduduk di Kota Jayapua.

“Sehingga kawasan Kota Jayapura dapat dikembangan ke arah perbatasan Skouw. Serta dapat mempersingkat jarak tempuh dari kota Jayapura menuju Muara Tami, yang tadinya ditempuh 1,5 jam hingga 2 jam, dengan adanya jembatan ini bisa mempersingkat waktu menjadi 1 jam,” ungkap Jokowi. Selain itu jembatan ini akan menjadi ikon baru di Kota Jayapura.

“Saya harap masyarakat Jayapura dan pemerintah daerah dapat menjaga jembatan ini, dipercantik dengan lampu dan taman, karena sekarang jembatan Youtefa sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan  dari masyarakat Papua. Sehingga haru dimanfaatkan dengan baik untuk mengembangkan wisata bahari yang ada di teluk Youtefa,” pesan Jokowi.

Jembatan Youtefa dibangun sejak 2015, menghabiskan anggaran Rp 1,8 Triliun. Jembatan ini menghubungkan Kota Jayapura dan kawasan Perbatasan Skouw Wutung, Distrik Muara Tami.

Jembatan ini akan menjadi tonggak sejarah di Tanah Papua, bukan hanya simbol penting  persatuan, tetapi simbol kemajuan untuk membangun tanah Papua.
Tanah Papua harus maju seperti daerah lainnya di Indonesia, Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi.

“Kalau dihitung-hitung saya sudah 13 kali ke Papua. Ini sudah menjadi tugas kita untuk menjaga dan membangun Papua,” ujar Jokowi. Karena itu pula, di periode kedua kepemimpinannya Jokowi bersama Maruf Amin, kunjungan kerja pertamanya adalah mengunjungi tanah Papua.

“Semua itu untuk memastikan Tanah Papua dibangun dan tidak dilupakan,” ujar Jokowi
Selain meresmikan jembatan, Jokowi juga melakukan pencanangan pembangunan Papua Youth Creative Hub dari Papua Muda Inspiratif.

Sebelum meresmikan jembatan Youtefa, Presiden dan rombongan mengunjungi Kota Wamena Presiden berdialog dengan masyarakat setempat. (Andi/Frida)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *