Presiden Jokowi Canangkan Pembangunan Gedung Papua Muda Inspiratif

Billy Mambrasar saat site plain Papua Youth Creative Hub kepada Presiden Joko Widodo di Jembatan Youtefa, Senin (28/10/2019).
JAYAPURA (PB.COM) – Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda yang diperingati hari ini, Senin, 28 Oktober 2019, Presiden RI Joko Widodo melakukan pencanangan pembangunan ‘Papua Youth Creative Hub atau Papua Muda Inspiratif’ bersamaan dengan peresmian Jembatan Youtefa yang berada di atas Teluk Youtefa, Kampung Enggros, Kota Jayapura.

Presiden Jokowi mengapresiasi dan sangat mendukung pembangunan gedung yang akan menampung para calon enterpreuner muda asli Papua untuk belajar, menyalurkan bakat dan memberikan ide ide kreatif untuk bagaimana menjadi seorang pebisnis hebat.

“Gagasan besar di bangunnya Papua Creatif Hub di Kota Jayapura ini nantinya akan menjadi lompatan besar, khususnya bagi anak – anak mudah Papua, dalam rangka berkompetisi di dunia global,” ucap Presiden Jokowi.

“Dan saya sangat menyambut baik sekali, bahwa yang kreatif itu dikumpulkan dalam sebuah wadah besar, di Papua. Sehingga Inspiratif para pemuda ini betul – betul memberikan dampak yang besar, di tanah Papua,” ucapnya lagi.

Billy Mambrasar, Pendiri Papua Youth Creative Hub saat memaparkan site plan pembangunan gedung dihadapan Presiden Jokowi mengaku terinsipirasi dengan latar belakang kehidupan Jokowi dari seorang yang sederhana namun bisa menjadi orang nomor satu di Republik ini.

Menurutnya, kisah inspirasi inilah yang kemudian mendorong dirinya bersama 21 anak muda Papua dan Papua Barat untuk membangun komunitas ini.

“Tempat (gedung) ini nantinya akan dijadikan sebagai tempat untuk bertukar pikiran, teman – teman dari wilayah kota Jayapura dan sekitarnya, dan sambil  menunggu pembangunan ini jalan, kami akan melakukan road show ke tujuh kota di provinsi, Papua dan Papua Barat dan 4 kota di luar Papua yang mayoritas anak2 Papua belajar, yakni di Manado, Jogja, Jakarta dan Surabaya,” jelas Billy.

Dia pun memaparkan bahwa dalam gedung ini ada asrama, yang mana akan ada pelatihan selama 3 bulan  bagi para calon entrepreneur agar bisa menjadi pembisnis ke depannya sehingga dapat membantu mengurangi angka pengangguran di Bumi Cenderawasih.

“Sebagai informasi untuk ahli robotika Yousua Yombo putra asli wamena dan Richard Mahuse baru masuk final YHL dalam robotik, dan kami berharap akan banyak anak Papua yang menjadi entrepreneur teknologi. Dan saat ini sudah ada 265 orang yang sudah mendaftar dan kami akan menjaring terus entrepreneur muda di Papua,” bebernya.

Billy menambahkan, pembangunan gedung ini akan dimulai awal tahun 2020 yang berlokasi di jalan baru Otonom Kotaraja, Kota Jayapura diatas lahan seluas 1,5 hektar.

“Desain bangunannya sendiri tetap  bergaya kekinian akan tetapi tidak meninggalkan budaya Papua yang berbentuk rumah honai,” terangnya.

Adapun pembagunan pertama di Kota Jayapura, dan kedepan akan dibangun lagi di 7 wilayah adat Papua dan Papua Barat. (Andi/Frida)
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *