Suasana kegiatan PMI empat Provinsi di Jayapura.

JAYAPURA (PB.COM) – Palang Merah Indonesia (PMI) di empat Provinsi yakni Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara menggelar lokakarya kepemimpinan dan perencanaan kesiapsiagaan respons bencana selama dua hari, 4-5 November 2019 di salah satu hotel di Kota Jayapura.

Arifin M. Hadi, Kepala Divisi Penanggulangan Bencana Markas PMI Pusat mengatakan, kegiatan tersebut digelar guna menyusun strategi penguatan kapasitas penanggulangan bencana alam untuk lima tahun mendatang.

“Karena di wilayah timur Indonesia, khususnya di empat provinsi ini sebagai daerah yang rawan bencana alam. Seperti gempa bumi di Ambon kembali melanda Halmahera Selatan, kita juga melihat operasi banjir di Sentani yang terjadi tujuh bulan lalu,” terang Arifin.

Penguatan akan fokuskan bagi tenaga pemula bagaimana, yakni bisa mendorong agar kapasitas PMI Kabupaten dan Kota di empat provinsi itu bisa berkualitas. “Selain itu juga misalkan di Jayawijaya untuk penanganan konflik apalagi kemarin terjadi konflik itu perlu penanganan serius terhadap masyarakat lokal,” katanya.

“Sehingga kita dorong mereka dengan peralatannya, logistik, dan tim kesehatan seperti dokter dan perawat. Itu harus lebih meningkat lagi,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya memiliki program untuk membangun gudang PMI Provins Papua di Keerom, Papua Barat di Manokwari, sedangkan Maluku ada di Tual dan Maluku Utara ada di Sofifi.

“Dalam rangka meningkatkan kecepatan dan ketepatan di dalam pendistribusian bahan bantuan sehingga tidak harus tergantung dari Makassar atau wilayah-wilayah lainnya juga barang-barang bantuan itu harus selalu standby di lokasi-lokasi kerja,” ucapnya.

Ketua harian PMI Papua, Zakius Degei mengatakan, peserta yang hadir kurang lebih 30 orang dari empat Provinsi itu. Kata dia, penanganan suatu bencana membutuhkan kerjasama dan koordinasi lintas sektoral.

“Semua pihak bisa berperan dan terlibat aktif baik masyarakat, media maupun pemerintah. Kemitraan yang terjalin ini tentu akan memudahkan PMI dalam mengatasi berbagai bencana selama ini,” katanya.

Ia juga menyampaikan selamat datang pengurus PMI pusat dan para peserta dari empat Provinsi tersebut. “Semoga apa yang kita bicarakan menjadi bermanfaat bagi sesama kita,” ucapnya. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box