Pangdam Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab menandatangani prasasti peresmian Kodim Yahukimo.

JAYAPURA (PB.COM) – Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab meresmikan Kodim 1715/Yahukimo di Dekai, ibukota Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua, Kamis (7/11/2019) siang.

Dalam acara peresmian, Pangdam didampingi Ketua Persit KCK Kodam Cenderawasih, Ny.Mudi Herman Asaribab, dan sejumlah pejabat utama Kodam Cenderawasih, Bupati Yahukimo, Abock Busup beserta unsur Muspida dan perwakilan stake holder.

Dalam arahannya, Pangdam menegaskan, TNI Angkatan Darat tidak pernah lelah untuk terus bersinergi dan melibatkan diri dalam membangun situasi yang aman dan kondusif serta mensejahterakan masyarakat di wilayahnya.

“Untuk itu, Kodam Cenderawasih senantiasa berkomitmen mendukung seluruh program yang dijalankan Pemerintah, Polri, maupun pihak lainnya untuk selalu melayani, mengamankan dan menyejahterakan kehidupan rakyat di Wilayah Papua,” ujar Pangdam, seperti dikutip dari rilis Pendam Cenderawasih.

Menurut Jenderal Bintang Dua yang merupakan putra asli Papua ini, pembentukan Kodim 1715/Yahukimo merupakan implementasi dari rencana strategis Kodam XVII/Cenderawsih.

“Dengan berdirinya Kodim 1715/Yahukimo yang tertuang dalam PERKASAD NO 3 TH 2019 tentang pembentukan Kodim baru di wilayah akan diikuti dengan pengembangan Koramil dan perangkat pendukung lainnya, sehingga Kodim1715/Yahukimo dapat dioperasionalkan secara optimal,” paparnya.

Dorong Percepatan Pembangunan
Lebih lanjut Pangdam mengatakan keberadaan Kodim diharapkan dapat mendorong Pemerintah Kabupaten Yahukimo, dalam melakukan percepatan pembangunan di wilayah Kabupaten Yahukimo.

“Terkait hal itu, saya berharap kepada Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, Tokoh Adat, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat, serta seluruh elemen masyarakat Kabupaten Yahukimo, agar dapat mendukung Tugas Pokok Kodim1715/Yahukimo,” harapnya.

Di kesempatan itu  Pangdam juga berpesan kepada para prajurit Kodim 1715/Yahukimo agar segera melakukan komunikasi dan koordinasi, apabila ditemukan kendala di lapangan selama pelaksanaan tugas.

“Hindari penyelesaian permasalahan melalui cara yang memiliki potensi konflik dan selalu pedomani segala ketentuan yang berlaku,” pesannya.

Sementara itu, kepada Dandim 1715/Yahukimo, Letkol Arm Eko Budi Supriatno beserta jajaran pangdam mengingatkan agar meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan moral dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Selain itu, harus melaksanakan Pembinaan Teritorial yang tepat dan efektif, dengan selalu melibatkan peran seluruh komponen masyarakat.

“Jadilah Ksatria Pelindung Rakyat sejati, yang selalu menghormati adat istiadat dan kearifan lokal Papua, khususnya wilayah Papua,” pesannya.
Kodim Yahukimo berada di bawah komando Korem 172/PWY dan menjadi Kodim yang ke 11 di Papua. Kodim ini membawahi sebanyak 5 Koramil yaitu Koramil Oksibil, Kiwirok, Kurima, Okibab dan Batom. (Andi/Frida)
Facebook Comments Box