Para Pengurus Artekindo Group bergambar bersama Pengurus Yapukepa usai acara penyerahan bantuan kemanusiaan bagi anak dan remaja yatim piatu penghuni Panti Asuhan Yapukepa, Kamis (19/12/2019).

JAYAPURA (PB.COM)
Sekelompok orang muda putra asli Papua bersama rekan-rekan dari suku dan agama lain yang tergabung dalam paguyuban Artekindo (Artekindo Group) secara sukarela menyisihkan rejeki yang didapat dan dikumpulkan sepanjang tahun 2019 untuk membantu para anak dan remaja yatim piatu yang diasuh dalam Panti Asuhan Yayasan Putri Kerahiman Papua (Yapukepa), Sentani, ibukota Kabupaten Jayapura, Papua.

Penyerahan bantuan kemanusiaan dalam bentuk sejumlah uang tunai berlangsung di Jayapura, Kamis (19/12/2019) oleh Derek Wainyambe sebagai salah satu Pengurus Artekindo didampingi rekan-rekannya dan diterima oleh Pendiri Yapukepa, Pastor Nico Syukur Dister,OFM bersama Ketua yayasan, Carlos Matuan serta disaksikan para pengurus Yapukepa lainnya.

Pengurus Artekindo Derek Wainyambe mengatakan paguyuban Artekindo adalah kumpulan orang muda putra Asli Papua yang tidak eksklusif hanya Orang Asli Papua saja, namun terbuka bergandengan tangan dengan orang muda dari suku dan agama yang majemuk dan memiliki hati yang tulus untuk menyisihkan rejeki masing-masing guna membantu sesama yang sangat membutuhkan bantuan.

Pada tahun ini, kata Derek, sumbangan kemanusiaan dikhususkan bagi anak dan remaja yatim piatu di Pantia Asuhan Yapukepa, Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Kami orang muda asli Papua bergandengan dengan orang muda dari berbagai latarbelakang suku dan agama membentuk kelompok Artekindo. Kami bekerja secara mandiri di berbagai bidang pembangunan infrastruktur di Tanah Papua. Setiap rejeki yang kami dapat, ditabung dan sebagiannya untuk disumbangkan kepada saudara-sudara kami yang sangat membutuhkan bantuan,” ujar Derek.

Menurut Derek, mereka yang sangat membutuhkan bantuan itu adalah saudara-saudara yang masih bergelut dengan kemiskinan yang mencekam, orang kecil yang terpinggirkan dari perhatian dan perkembangan zaman, orang sakit, serta para yatim piatu di panti asuhan.

Derek juga menjelaskan, beberapa dari anggota Artekindo ini pernah menerima kebaikan dari Yapukepa selama masih sebagai anak dan remaja. Kini, ketika mereka sudah bertumbuh dewasa dan mandiri serta sudah memiliki pekerjaan yang layak dengan rejeki yang diterima dari kemurahan Tuhan, maka tiba waktunya untuk berbagi kepada saudara-saudara yang sangat membutuhkan.

“Kami pernah hidup susah dan sekarang, bukan berarti kami tidak hidup dalam kesusahan namun bagaimanapun juga kesusahan yang dibagi akan terasa ringan, kegembiraan yang dibagi akan bertambah kegembiraan itu. Kami memberi dari apa yang kami miliki, hasil keringat dan rejeki sendiri untuk sesama yang sangat membutuhkan. Sejumlah uang yang kami kumpulkan sepanjang tahun 2019 yang kami sumbangkan hari ini, mungkin saja tidaklah seberapa artinya bagi mereka yang memiliki kelebihan rejeki namun bagi saudara-saudara yang sangat membutuhkan bantuan, sumbangan ini tentu saja sangat berarti bagi keberlanjutan hidup mereka di Tanah Papua,” akunya.

Sementara itu, Pendiri Yapukepa, Pastor Nico Syukur Dister,OFM di hadapan sekelompok orang muda putra asli Papua, pengurus Artekindo dan para pengurus Yapukepa menyatakan rasa gembira dan kebahagiaan yang tidak terhingga atas pemberian sumbangan kemanusiaan yang sangat berarti bagi sebuah karya kemanusiaan dan solidaritas universal bagi para anak dan remaja yatim piatu di Panti Asuhan Yapukepa.

“Saya adalah orang yang paling berbahagia hari ini. Derek ini anak angkat saya pada tahun 1991 dan saya tidak pernah membayangkan sebelumnya bahwa pada hari ini, Derek mengajak teman-temannya yang juga orang muda dari berbagai suku dan agama untuk memberikan sedikit rejeki yang mereka dapatkan bagi anak dan remaja penghuni panti asuhan Yapukepa. Ini merupakan sebuah penyelenggaraan Ilahi bagi umat-Nya di Tanah Papua,” kata Pastor Nico.

Satu hal lain yang sangat menggembirakan hati Pastor Nico adalah bahwa pemerintah di Tanah Papua ikut mendampingi dan mendorong orang muda, khususnya putra-putri asli Papua untuk terus berkembang maju meraih masa depan mereka sendiri dan masa depan masyarakat dan Tanah Papua melalui bekerja, bekerja dan bekerja. Sungguh luar biasa!

Menurut Pastor yang sudah berusi lebih dari 80 tahun itu, dirinya merasa sangat terharu menyaksikan acara penyerahan bantuan kemanusiaan hasil rejeki yang dikumpulkan orang-orang muda di Tanah Papua. Ternyata, Derek Wanyambe adalah satu dari orang muda Papua yang pada sekitar lebih dari 20 tahun yang lalu adalah anak dan remaja yang hidup bersama dengan dirinya dan masyarakat sekitar di Tanah Papua ini.

Pada acara penyerahan bantuan kemanusiaan ini, tampak hadir dua tokoh masyarakat Orang Asli Papua yang selama ini dikenal masyarakat luas sebagai pioner kebhinekaan hidup bermasyarakat dan beragama di Tanah Papua yakni drg Aloysius Giyai,M.Kes, dan Drs Fransiskus Xaverius Mote,M.Si. Keduanya secara bergantian tampil memberikan dukungan moril bagi orang-muda yang tergabung dalam Artekindo Group. Keduanya terus menerus mengobarkan semangat ke dalam diri Derek Wainyambe dan para pengurus paguyuban ini.

Turut hadir dalam acara ini, Ritha Arfayan, salah seorang Pengurus Yapukepa yang juga fasilitator acara penyerahan bantuan kemanusiaan Artekindo Group, Thomas Darmadi sebagai Sekretaris Yapukepa bersama anggota pengurus Yapukepa lainnya. Sedangkan dari pihak Artekindo Group hadir pula Fredrik Felle, Boxel Haluk, Sainal Abidin, dan Flory Koban. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box