Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto

JAYAPURA (PB.COM) – Anggota Kodim 1710/Mimika, Sertu Robert Kainama, dikabarkan meninggal dunia lantaran sakit komplikasi di ruang tahanan RTM Pomdam XVII/Cenderawasih. Terpidana kasus kepemilikan Amunisi secara ilegal tersebut, meninggal dunia Senin (06/01/2020) di dalam Sel No.1 Blok B RTM Pomdam XVII/Cenderawasih.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto saat dikonfirmasi, Selasa (7/1) membenarkan bahwa Almarhum Robert meninggal dunia akibat sakit komplikasi yaitu paru-paru basah, diabetes dan asam urat yang dideritanya sejak 2015 dimana penyakit tersebut sering kambuh sewaktu-waktu dan membuat kondisi tubuhnya menurun.

“Almarhum meninggal karena mengalami sakit akut, beliau ada riwayat sakit asam urat, diabetes militus dan paru-paru basah, kondisi terakhir dari informasi yang kita terima karena sakit komplikasi yang dideritanya,” kata Kapendam. Keterangan ini dipertegas penjelasan dari Karumkit Marthen Indey, Kolonel CKM Budiyanto yang menyatakan bahwa yang bersangkutan memang ada riwayat sakit asam urat dan diabetes.

“Hasil dari otopsi luar juga menunjukkan tidak ada tanda-tanda ketidakwajaran yang menyebabkan Almarhum meninggal, Ybs meninggal disebabkan sakit,” tambah Kapendam.

Kapendam juga menerangkan bahwa meninggalnya Sertu Robert awalnya diketahui oleh Anggota Jaga Tahanan Militer Waena yang melaksanakan pengecekan rutin dan menemukan Almarhum sudah terbaring kaku di dalam ruang tahanan. Selanjutnya Anggota Jaga melaporkan kejadian tersebut ke Denkesyah Waena dan dirujuk menuju RS. Marthen Indey untuk dilakukan pemeriksaaan secara intensif.

Dalam pemeriksaan tersebut Dandenkesyah Waena yang terlibat langsung dalam pemeriksaan tersebut mengatakan bahwa Alm. Sertu Robert Kaimana diperkirakan meninggal dunia sudah lebih dari 6 jam sebelumnya karena kondisi fisiknya sudah kaku dan tidak ditemukan adanya tanda-tanda fisik lainnya pada tubuh korban.

Lebih lanjut Kapendam mengatakan bahwa saat ini Jenazah Almarhum Robert sudah diserahkan kepada pihak keluarga dan disemayamkan di Rumah Duka Asrama Kodim 1710/Mimika.

“Jenazah sudah tiba di Mimika tadi pagi, kami dari pihak Kodam XVII/Cenderawasih sudah menyerahkan kepada pihak keluarga di Asrama Kodim Mimika. Rencana jenazah akan dimakamkan di TPU SP1 Mimika pada tanggal 09 Januari 2020,” tutupnya. (Andi/Frida)

Facebook Comments Box