Sukses Tangani Filariasis dan Malaria, Kabupaten Jayapura Terima Penghargaan

Bupati Jayapura Matius Awoitauw, SE.M.Si didampingi Plt. Kadinkes Papua drg. Aloysius Giyai, M.Kes dan Kadinkes Jayapura Khairul Lie, SKM.M.Kes dengan penghargaan yang diterima dari Menteri Kesehatan, Rabu (19/20/2020) di Jakarta.

JAYAPURA (PB.COM)Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto memberikan penghargaan kepada Kabupaten Jayapura, Provinsi Paua karena dinilai berhasil menurunkan angka filariasis (kaki gajah) dan malaria di wilayah itu.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes ketika dikonfirmasi wartawan, Rabu (19/02/2020) mengatakan penghargaan itu langsung diterma oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE.M.Si di sela-sela Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2020 yang berlangsung di JIEXPO Jakarta.

Dalam Rakerkesnas itu, menurut Aloysius, Menteri Kesehatan memberikan penghargaan tertinggi kepada bupati dan Wali Kota yang berhasil menurunkan angka filariasis/kaki gajah dan malaria.

Dia mengatakan, Kabupaten Jayapura merupakan salah dari lima kabupaten dan lima kota diseluruh Indonesia yang berhasil menurunkan angka filariasis.

“Saya selaku pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Papua merasa bangga bahwa kami di Papua juga bisa sehingga menyamai dengan provinsi  lain di Indonesia dalam kemajuan eliminasi berbagai penyakit terutama filariasis dan malaria malaria,” kata Aloysius yang kini menjabat Direktur RSUD Jayapura ini.

Ia berharap penghargaan yang diterima dapat dipertahankan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura dan dapat menjadi contoh bagi kabupaten-kabupaten lain di wilayah paling timur Indonesia.

“Eliminasi filariasi harus tetap dijaga agar angkanya terus menurun, kemudian malaria yang API-nya menurun, atau harus ada progres API malarianya diturunkan,” tegasnya.

Agenda Rakerkesnas itu dihadiri oleh sejumlah Kementerian di antaranya Kementerian Agama, Kementerian Pertanian, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi serta Kementerian Dalam Negeri. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *