Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Papua Doren Wakerkwa

JAYAPURA (PB.COM) – Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Papua Doren Wakerkwa, SH menegaskan semua orang Papua mempunyai hak yang sama mengikuti seleksi seleksi anggota 14 kursi DPRP jalur Otonomi Khusus (Otsus) periode 2019 – 2024.

“Tidak jadi masalah, siapapun dapat mendaftarkan diri. Namun yang bersangkutan adalah benar-benar Orang Asli Papua (OAP),” tegasnya kepada wartawan, Kamis (20/2/2020).

Doren menanggapi adanya pernyataan dari masyarakat terkait adanya orang partai yang mengikuti seleksi 14 kursi, sebab semua orang Papua memiliki hak yang sama untuk mendaftarkan diri.

“Jadi meskipun dulunya mantan anggota DPR, pensiunan Polri, pensiunan TNI ataupun mantan ASN semua berhak, asalkan benar-benar orang asli Papua,” kata Wakerkwa.

Ia mengaku saat ini tahapan seleksi anggota 14 kursi masuk tahap wawancara dan uji kompetensi, yang mana dari 721 orang asli Papua yang mendaftar, tersisa 454 orang yang sudah dinyatakan lulus administrasi.

“Pengumuman tahapan seleksi administrasi sudah dilakukan lewat media cetak. Untuk itu, bagi pendaftar yang namanya yang tidak tercantum dinyatakan tidak lolos,” terangnya.

Ia menjelaskan, yang tidak ada nama berarti gugur administrasi. Hal ini sesuai Peraturan Khusus (Perdasus) nomor 9 tahun 2019 tentang proses tata cara seleksi pengangkatan kursi otsus. Sementara yang dinyatakan lolos administrasi akan lanjut ke proses wawancara dan uji kompetensi.

“Untuk tahapan wawancara dan uji kompetensi, akan ditangani langsung oleh penguji dari Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Provinsi Papua,” tandasnya.

Oleh sebab itu, kata Wakerkwa bagi peserta yang dinyatakan lolos wajib menyiapkan makalah, sebab disitulah akan dilihat siapa yang mendapat nilai tinggi . “Jadi yang terbaiklah yang akan terpilih dan duduk di kursi jalur Otsus,” ujarnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Papua Musa Isir, mengimbau kepada seluruh calon anggota 14 kursi jalur Otsus yang sudah dinyatakan lolos administrasi untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin, guna mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

“Siapa yang terbaik dan terbukti memiliki nilai tertinggi itulah yang akan terpilih untuk duduk menjadi anggota DPRP jalur Otsus,” katanya. (Toding)

Facebook Comments Box