Ketua MPR Harap Kamtibmas di Papua Kondusif Saat PON XX

Ketua MPR Bambang Soesatyo bersama Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal.

JAYAPURA (PB.COM) – Ketua MPR Bambang Soesatyo berharap situasi keamanan di Papua terus kondusif sebelum dan pasca perhelatan ivent olahraga nasional empat tahunan di Bumi Cenderawasih pada 20 Oktober-2 November 2020 mendatang.

“Sepanjang kunjungan kami ke sini berdasarkan laporan dari BIN, keamanan di Papua kondusif. Kita harapkan ini berlangsung sampai pelaksanaan PON dan seterusnya,” katanya kepada wartawan, Selasa (3/3/2020) saat mengunjungi Stadion Papua Bangkit.

Menurut Bambang, tujuan MPR ke Papua untuk mendorong penyelesaian secara permanen dengan menggunakan pendekatan keadilan, kesejahteraan, dan kebudayaan. “Apa yang terjadi saat ini, itu adalah anak-anak kita yang perlu kita rangkul kembali, kita ajak membangun Papua secara bersama-sama,” terangnya.

Ia mengatakan Papua merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari NKRI, demikian seluruh rakyat Indonesia memiliki kepentingan yang sama, sehingga perdamaian di Indonesia dan juga di dunia sangat penting.

Selain itu, Bambang memastikan pembangunan di Wamena pascakerusuhan sudah mendapat perhatian dari pemerintah.

“Pembangunan ruko di Wamena, kami memberikan apresiasi kepada pemerintah yang tanggap dan cepat membangun sarana dan prasarana bagi korban kerusuhan kemarin, dan semoga tidak terjadi lagi hal seperti ini,” terangnya.

Namun demikian, kata Bambang perlu dilakukan pendekatan keadilan, kesejahteraan dan kebudayaan. Pendekatan kesejahteraan ini pembangunan rumah dikerjakan dengan total rumah 153 unit dan sudah selesai 20 unit.

“Demikian dengan kios-kios yang dikerjakan dan perkantoran. Mudah-mudahan semua yang dilakukan oleh pemerintah ini menjadi kesejahteraan rakyat Papua,” ucapnya. (Toding)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *