DKP Papua Siapkan Kontainer Penampung Ikan Untuk Konsumi PON XX

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua FX Mote.

JAYAPURA (PB.COM) – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua akan mendatangkan kontainer penampungan ikan berkapasitas 200 ton untuk digunakan pada saat pelaksanaan PON 20 Oktober sampai 2 November 2020 mendatang.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua FX Mote kepada wartawan, di Jayapura mengatakan produksi ikan di Jayapura jumlahnya cukup untuk dikonsumsi pada PON  XX nanti, hanya saja tempat penampung yang tidak tersedia. “Produksi tidak ada masalah, hanya pada saat pelaksanaan PON nanti harus ditampung,” kata Mote.

Menurutnya, tempat penampungan di Pasar Hamadi sudah lama dan sudah diusulkan untuk bangun baru tahun ini. “Solusinya kita harus mendatangkan kontainer untuk menampung ikan satu atau dua bulan sebelum pelaksanaan PON,” jelasnya.

Pengadaan kontainer berjalan ini akan didatangkan pada bulan Agustus atau September mendatang, penampung ikan ini didatangkan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan serta bantuan perusahaan ikan. “Kebutuhan ikan di Jayapura cukup besar, sebab atlet dan official lebih banyak di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura,” ujar  Mote.

Ia memperkirakan konsumsi ikan pada saat PON nanti sekitar 55 kalori per atlet dalam satu hari, namun setelah ada penetapan venue akan diketahui jumlah atlet yang bertanding di Kota Jayapura. “Namun kebutuhan ikan tergantung permintaan dari bagian konsumsi, jadi kita tidak sembarang menyiapkan,” tambahnya. (Toding)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *