Sekda Minta Masyarakat Tak Paranoid Berlebihan Hadapi Corona

Sekda Papua Hery Dosinaen bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putratanto dan Direktur RSUD Jayapura Aloysius Giyai.

JAYAPURA (PB.COM) – Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen menghimbau masyarakat Papua tidak perlu takut dan paranoid dalam menghadapi persoalan terkait penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Kita masyarakat di Papua jangan sugesti yang berlebihan, jangan ada paranoid yang berlebihan terhadap virus ini,” ungkapnya kepada wartawan di Jayapura.

Menurut Sekda, sebaiknya masyarakat tidak berlebihan mananggapi adanya penyebaran Covid-19, sebab akan mengurangi kekebalan tubuh. “Sebaiknya seluruh masyarakat menjaga kesehatan sendiri, makan teratur, kebersihan tangan dan tubuh harus dijaga. Mungkin selama ini tidak dilakukan, harus dilakukan sekarang,” terangnya.

Kata Sekda, nantinya akan ada Satgas turun ke lapangan untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada masyarakat, serta akan melibatkan media cetak maupun eletronik agar masyarakat mendapat informasi yang baik dan benar. “Sekali lagi agar jangan sampai masyarakat panik dengan munculnya COVID-19 tersebut,” ucapnya.

Senada dengan itu, Direktur RSUD Jayapura Aloysius Giyai mengimbau warga masyarakat agar menjaga kesehatan dan imunitas supaya tidak tertular virus berbahaya yang pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, Hubei, China tersebut.

“Perilaku hidup bersih dan sehat oleh, karena itu kita harapkan masyarakat mulai mari biasakan cuci tangan yang benar dengan sabun, serta kebiasaan kita selama ini nongkrong sampai pagi, mari kita kurangi sebab akan menyebabkan daya tahan tubuh lemah,” jelasnya.

Untuk menjaga kebersihan lingkungan, pihaknya akan melibatkan rencana aksi mobilisasi sosial atau relawan dalam menjaga kesehatan lingkungan.

“Ini berkaitan juga dengan pelaksanaan PON, jadi bagaimana sapu bersih semua sampah, genangan air dan menjaga kebersihan yang menyebabkan penyebaran penyakit lingkungan sekitar masyarakat,” tambahnya. (Toding)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *