PMI Papua Tidak Dilibatkan Dalam Satgas Pencegahan Covid-19

Relawan PMI Papua lakukan penyemprotan desinfektan di Pasar Mama Papua, Jumat (20/3/2020).

JAYAPURA (PB.COM) – Mencegah mewabahnya penyebaran Corona Virus (Covid-19) di Jayapura, Papua, Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Papua bergerak melakukan penyemprotan desinfektan.

Ketua Harian PMI Provinsi Papua Sakeus Degei kepada wartawan di sela penyemprotan antibakteri di Pasar Mama Papua, Jumat (20/3/2020) mengaku, penyemporan antibakteri dilakukan sebagai tindaklanjut pencegahan dan penyebaran virus mematikan tersebut.

“Sampai hari ini kami sudah lakukan penyemprotan di Mesjid Raya, kantor DPR Papua, Gedung Negara, kantor Polresta Jayapura, Cenderawasih Pos, Bandar Udara Sentani dan Gereja Paulus, Selanjutnya, akan melakukan penyemprotan di pelabuhan Jayapura,” kata Degei.

Ia menyebut antisipasi penyebaran Corona virus tersebut telah dilakukan PMI awal Februari lalu, dengan melakukan pembagian masker kepada masyarakat dan melakukan promosi kesehatan. “Kami melakukan penyemprotan secara rutin, kita bergerak dengan SDM sendiri,” tandasnya.

Ia menyayangkan PMI tidak dilibatkan dalam Satgas Covid-19. Padahal, kata dia, PMI mempunyai relawan yang sudah terlatih.  “Sementara kami jalan sendiri, walaupun Pemprov Papua telah membentuk Satgas namun PMI tidak dilibatkan,” terangnya.

Dirinya berharap Pemprov memasukkan PMI dalam Satgas, karena di seluruh Indonesia PMI masih aktif dan semua provinsi PMI dimasukkan dalam Satgas. “Sehingga kita bisa bagi peran dan bisa menggerakan PMI di seluruh Papua,” ucapnya. (Toding)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *