Tangani Corona Pemprov Papua Akan Kaji Ulang Anggaran

Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP.MH

JAYAPURA (PB.COM) – Dalam rangka menangani Virus Corona (Covid-19), Pemerintah Provinsi Papua akan mengkaji ulang anggaran yang sudah ditetapkan.

Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP.MH kepada wartawan di Jayapura mengatakan, akan melakukan koordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Kesehatan untuk mengkaji anggaran yang sudah ditetapkan.

“Belum ada bantuan dari pemerintah pusat, kita akan mengkaji akan ulang anggaran yang sudah ditetapkan,” kata Enembe.

Sementara mengenai kebutuhan sembilan bahan pokok dan BBM, mantan Bupati Puncak Jaya tersebut mengatakan bahwa akan memanggil pihak terkait untuk membahas hal tersebut.

“Untuk stok kebutuhan pokok maupun BBM bagi masyarakat, kami akan memanggil pihak Pertamina, Bulog dan instansi terkait, setelah itu baru kita putuskan apa yang terbaik bagi seluruh masyarakat di Papua,” terangnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memerintahkan agar seluruh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang tidak prioritas untuk dipotong.

Instruksi ini ia sampaikan agar memprioritaskan anggaran untuk penanganan virus corona COVID-19. “Saya perintahkan semua menteri, juga pemerintah daerah untuk memangkas rencana belanja APBN dan APBD yang tidak prioritas, banyak sekali ini yang tidak prioritas pangkas dulu,” kata Jokowi dalam rapat teleconference dari Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (20/3/2020).

“Anggaran perjalanan dinas, belanja rapat, pembelian barang yang tidak prioritas saya minta dipangkas. Sekali lagi ini saya minta saya perintahkan baik kepada kementerian, pemerintah daerah, gubernur, bupati, walikota untuk melakukan hal sama,” tegas Jokowi. (Toding)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *