Gubernur, Bupati dan Wali Kota Geser APBD Untuk Tangani Covid-19

Sekda Papua Hery Dosinaen

JAYAPURA (PB.COM) – Dalam penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Bumi Cenderawasih membutuhkan anggaran dan logistik yang cukup untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) dan hand sanitizer.

Untuk itu, Sekda Papua Hery Dosinaen memerintahkan kepada seluruh bupati dan wali kota untuk menggeser anggaran APBD sesuai kondisi daerah masing-masing wilayah.

“Gubernur, bupati dan wali kota melakukan pergeseran pembiayaan pada APBD,” kata Sekda kepada wartawan usai mengikuti pertemuan di Gedung Negara, Selasa (24/3/2020).

Ia meminta agar penggeseran anggaran tersebut segera dilakukan, hal ini sesuai instruksi Presiden Joko Widodo melalui teleconference.

“Pergesersan APBD harus dilakukan secepatnya, ya tadi perintah Persiden lewat video conference juga kepada semua gubernur, dan kementerian,” tegasnya.

Disinggung mengenai hasil kesepakatan antara Gubernur, Bupati, Wali Kota dan Forkorpimda, ia mengaku ada beberapa hal yang telah disepakati, di antaranya pembatasan operasional toko dan pasar. “Dibuka mulai jam 06.00 pagi sampai jam 12.00,” tandasnya.

Sementara mengenai penertiban masyarakat yang keliaran, Sekda mengungkapkan bahwa TNI-Polri bersinergi untuk menertibkan semua orang berkeliaran di jalan pada malam hari termasuk tempat hiburan harus ditertibkan sesuai dengan kesepakatan bersama. Hal ini harus ditaati oleh masyarakat, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tambahnya. (Toding)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *