Polda Papua Sosialisasi Social Distancing Dari Pintu ke Pintu

Kapolda Papua, Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw

JAYAPURA (PB.COM) – Antisipasi penyebaran Covid-19, Aparat Kepolisin Daerah (Polda) Papua akan lakukan sosialisasi Door to Door (dari pintu ke pintu) kepada masyarakat.

Hal ini ditegaskan Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw kepada wartawan di Gedung Negara, Selasa (24/3/2020) usai menghadiri pertemuan dengan Gubernur, Bupati, Wali Kota dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“Kita akan lakukan door to door untuk mengimbau kepada masyarakat agar tidak tinggalkan rumah, mereka tetap di rumah,” tegasnya.

Menurutnya apabila himbauan dan ajakan tersebut tidak dipatuhi masyarakat, maka dilakukan pembubaran.  “Artinya mereka yang ada di jalan kita akan tertibkan,” terangnya.

Selain itu, aparat kepolisian Polda Papua akan melakukan sidak terhadap oknum yang memperdagangkan sarana prasarana alat kesehatan seperti masker, hand sanitasi, termasuk oknum yang melakukan penimbunan Sembako. “Tim kami akan melakukan upaya terhadap mereka yang melakukan penimbunan ini,” jelasnya.

Menurut Kapolda, jika oknum-oknum tersebut nekat melakukan hal tersebut maka akan ditindak sesuai undang-undang kesehatan dan undang-undang pangan. “Termasuk penyebaran berita hoax, dilarang meneruskan berita yang tidak bertanggungjawab,” tandasnya.

Hal yang sama juga diberlakukan untuk perjalanan dinas. Katanya untuk sementara perjalanan dinas tidak dilakukan. Sebab, pembatasan selama 14 hari ini dianggap sebagai salah satu cara paling ampuh menekan penyebaran wabah virus mematikan tersebut. (Toding)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *