RSUD Jayapura Datangkan 300 APD untuk Paramedia

Direktur RSUD Jayapura drg. Aloysius Giyai.

JAYAPURA (PB.COM) – RSUD Jayapura telah mendatangkan 300 Alat Pelindung Diri (APD) yang akan digunakan tenaga medis menangani pasien virus corona (Covid-19).

Direktur Utama (Dirut) RSUD Jayapura, drg. Aloysius Giyai kepada wartawan di Jayapura, Selasa (24/3/2020) mengaku selama ini tim medis masih takut memberikan pelayanan kepada pasien karena minimnya APD. “APD ini melindungi tim medis dalam memberikan pelayanan kepada pasien,”kata Aloysius.

Selain APD, pemerintah juga sedang memesan masker, kacamata dan alat kesehatan lainnya dan diharapkan dalam minggu ini sudah tiba di Jayapura. “Kami dua minggu ini berjuang mengurus kelengkapan kesehatan, karena petugas medis juga ketakutan jika tidak ada alat pelindung diri,” katanya.

Aloysius mengakui, hingga kini anggaran penanganan Covid-19 belum turun namun sebagai pimpinan pihaknya harus mencari jalan keluar agar ketersediaan alat kesehatan pelindung diri harus tersedia di RSUD Jayapura.

Sementara mengenai keberadaan ruang isolasi di RSUD Jayapura katanya masih terbatas dan tidak memenuhi standar. Namun  pihaknya sedang menyaiapkan 10 ruang Isolasi dan diperkirakan rampung dalam minggu ini.

“Kita baru bangun satu ruang Isolasi dan sudah digunakan satu pasien yang menderita tanda-tanda yang mirip gejala Covid-19. Sementara sembilan ruang Isolasi lainnya akan rampung dalam minggu ini,” ujarnya.

Saat ini katanya, untuk mencegah virus Covid-19, pihaknya memindahkan UGD yang selama ini digunakan melayani pasien umum. “Kita siapkan ruangan khusus untuk melayani pasien corona, agar tidak mengganggu pasien lain,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, mantan Kadis Kesehatan Papua ini mengimbau kepada stafnya untuk tetap semangat dalam bekerja walaupun mempertaruhkan nyawanya. Karena petugas kesehatan adalah garda terdepan di dalam menghadapi masalah virus Corona ini.

“Kami juga sudah mengusulkan agar ada penambahan intensif, mulai dari dokter, perawat dan penunjang lainnya,” tutupnya. (Toding)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *