Demokrat Papua Bantu Masyarakat Lapago dan RSUD Wamena Cegah Corona

Plh. Ketua DPD Demokrat Papua Ricky Ham Pagawak menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker bagi tenaga medis RSUD Wamena diterima direkturnya dr. Felly Sahureka, Sabtu (28/03/2020)

WAMENA (PB.COM)-Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 yang kini sudah masuk ke wilayah Papua, DPD Partai Demokrat Provinsi Papua terus menunjukkan kepeduliannya. Setelah menggelar aksi bagi masker di Wilayah Tabi (Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom dan Sarmi) Senin (23/03/2020), partai berlambang mercy ini kembali menggelar aksi bagi masker gratis di wilayah Lapago atau Pegunungan Tengah Papua.

Kegiatan peduli corona kali ini
dipusatkan di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Sabtu (28/03/2020), dipimpin oleh Plh. Ketua DPD Demokrat Papua, Ricky Ham Pagawak, SH.M.Si bersama pimpinan dan pengurus DPC Demokrat Jayawijaya dan Mamberamo Tengah.

Plh. Ketua DPD Demokrat Ricky Ham Pagawak saat membagikan masker kepada Mama-Mama Papua di Pasar Potikelek, Wamena.

Sebanyak 6.000 masker gratis dibagi kepada masyarakat dengan dipusatkan di lima titik yakni Pasar Potikelek, Pasar Jibama, Pasar Wouma, Pasar Sinakma, dan sepanjang Jalan Irian.

“Ini merupakan bentuk kepedulian kami Partai Demokrat Papua bersama-sama masyarakat Papua untuk mencegah dan melawan Corona,” kata Ricky Ham Pagawak kepada pers usai turun langsung membagi masker kepada masyarakat di Pasar Potikelek, Pasar Jibama dan sepanjang Jalan Irian.

Menurut Ricky, apa yang dilakukan merupakan tanggungjawab moril partai politik yang ikut peduli dan prihatin atas berkembangnya virus corona di Indonesia pada umumnya dan Papua, khususnya termasuk wilayah La Pago ini.

“Kami berharap apa yang dilakukan Partai Demokrat, dapat juga dilakukan parpol lain untuk sama-sama bertanggungjawab dengan pemerintah dalam mencegah virus ini,” ujarnya.

Ricky mengatakan, ancaman virus corona bagi masyarakat Papua sudah di depan mata. Sebab dari data Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, sudah ada 7 penderita dinyatakan positif, dimana 4 orang di antaranya berada di Kota Jayapura dan sedang dirawat di beberapa rumah sakit.

Oleh karena itu, ia berharap, masyarakat di wilayah Pegunungan Tengah Papua bisa mengikuti himbauan pemerintah dan protokol kesehatan untuk tidak bersalaman atau berpelukan saat bertemu, jaga jarak, hindari kerumunan, tetap di rumah serta rajin mencuci tangan guna mencegah penyebaran virus ini.

“Memang bersalaman ini cukup berat dihindari sebab ini adalah budaya kita orang Papua. Namun menghindari salaman harus dilakukan, sebagai salah satu cara menghindari penularan virus corona. Tentu pemimpin harus turun secara langsung bertemu dengan masyarakat untuk menjelaskan soal ini,” katanya.

Bantu RSUD Wamena
Selain membagi 6.000 masker secara gratis kepada masyarakat di wilayah adat Lapago, DPD Demokrat Papua juga memberikan bantuan 1.000 masker dan uang bantuan sebesar Rp 100 juta untuk RSUD Wamena.

Usai pembagian masker, Plh. Ketua DPD Demokrat Papua Ricky Ham Pagawak dan rombongan menyambangi RSUD Wamena untuk menyerahkan bantuan itu dan diterima langsung oleh direkturnya, dr. Felly Sahureka.

Plh. Ketua DPD Demokrat Papua Ricky Ham Pagawak menyerahkan bantuan uang sebesar Rp 100 juta kepada RSUD Wamena diterima direkturnya dr. Felly Sahureka, Sabtu (28/03/2020)

Menurut Plh. Ketua DPD Demokrat Papua Ricky Ham Pagawak, bantuan ini diberikan sebagai bentuk dukungan terhadap pekerja medis di fasilitas kesehatan rujukan untuk wilayah Pegunungan Tengah Papua itu.

“Walaupun nilainya kecil, kami  bisa membuat para tenaga medis di RSUD Wamena untuk benar-benar melayani pasien, khususnya dalam penanganan virus corona,” kata lelaki yang akrab dipanggil RHP ini.

Direktur RSUD Wamena dr. Felly Sahureka menyampaikan terima kasih atas kepedulian dari DPD Partai Demokrat Provinsi Papua yang sudah memberikan bantuan  uang, dan masker yang memang saat ini sangat langka.

“Masker dari Partai Demokrat ini sangat membantu kami di RSUD Wamena yang memang membutuhkannya, tidak saja bagi tenaga medis, namun juga pasien maupun pengunjung yang menderita batuk yang diharuskan menggunakan masker,” kata dr Felly.

Salah seorang warga Wamena, Paulus Kogoya mengapresiasi aksi Partai Demokrat yang memberikan masker secara gratis kepada masyarakat di wilayah La Pago.

Dia berharap apa yang dilakukan ini bisa diikuti oleh partai politik lain, pemimpin daerah, maupun organisasi kemasyarakatan lainnya untuk membantu masyarakat dan pemerintah bersama-sama mencegah penyebaran virus corona.

“Ini bagian dari upaya menolong kami, masyarakat Papua yang berada di pedalaman. Demokrat Papua telah menunjukkan hatinya bagi penyelamatan Orang Papua. Salut,” ujar Kogoya di sela-sela pembagian masker di Pasar Jibama. (Gusty Masan Raya/Reis Masella)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *