Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak saat menyerahkan bantuan masker yang diterima Kapolres AKBP Deny Herdiana.

JAYAPURA (PB.COM)-Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng), Papua memberikan bantuan 1.500 masker kepada Polres Mamberamo Tengah, Koramil dan Bank Papua Cabang Pembantu Kobakma. Ketiga institusi itu masing-masing mendapatkan 500 pcs masker sebagai Alat Pelindung Diri (APD) dalam bekerja guna mencegah virus corona atau Covid-19.

Masker bantuan itu diserahkan secara langsung Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak, SH.M.Si dimulai dari Mapolres dan berakhir di Bank Papua Cabang Pembantu Kobakma, Rabu (01/04/2020). Sementara masker bantuan untuk Koramil diserahkan Wakil Bupati Yonas Kenelak, S.Sos.

Bupati Ricky Ham Pagawak mengatakan bantuan masker ini memang harus diberikan kepada anggota TNI-POLRI sebab mereka bersama pemerintah berada pada garis depan dalam penanganan penyebaran virus corona.

Wakil Bupati Mamberamo Tengah Yonas Kenelak berfoto bersama usai menyerahkan bantuan masker.

“Dalam hal pencegahan wabah Covid di Mamberamo Tengah, barisan depan adalah polisi dan tentara sehingga sebelum lakukan pemeriksaan dan pencegahan, kita harus siap terlebih dahulu dengan alat perlindungan diri seperti masker,” ujar Bupati Ricky.

“Termasuk pegawai Bank Papua yang berhubungan langsung dengan orang banyak, perlu juga dibekali dengan masker, sebab lewat uang juga penularan viruss corona bisa terjadi,” tambahnya.

Menurut bupati yang akrab disapa RHP ini, bantuan masker untuk masyarakat maupun TNI-Polri dan Satgas Penanganan tidak berhenti sampai di sini. Namun akan diterus diberikan agar semua yang terlibat bisa menjaga Kabupaten Mamberamo Tengah terhindar dari virus ini.

“Masker ini digunakan untuk internal mereka, nanti ada bantuan yang sama maupun lainnya untuk penanganan virus corona. Kita sama-sama menjaga daerah ini sehingga tidak ada masyarakat di Mamberamo Tengah yang terserang virus ini,” katanya.

Bupati RHP menegaskan, Pemkab Mamteng terus proaktif untuk melindungi dan mencegah rakyatnya agar terhindar dari virus mematikan dengan kebijakan dan juga solusi.

Politisi Demokrat ini pun memberikan contoh terkait kebijakan karantina wilayah yang sudah dilakukannya sejak 31 Maret hingga 31 April dengan menutup akses keluar masuk Kabupaten Mamteng yang dibarengi dengan penyediaan bahan makanan untuk masyarakat agar mereka bisa bertahan selama masa karantina berlangsung.

Kapolres Mamberamo Tengah AKBP Deny Herdiana menyampaikan terima kasih kepada Bupati Mamteng Ricky Ham Pagawak dan jajarannya yang sudah mendapatkan bantuan masker untuk operasional maupun bantuan yang sama untuk aksi di lapangan bersama tim dari pemda.

Untuk mendukung itu, pihaknya sudah menyiapkan personel TNI-POLRI sebanyak 60 anggota untuk menjaga di tiga titik yakni Distrik Kelila, Distrik Ilugawa yang berbatasan dengan Kabupaten Jayawijaya dan Distrik Megambilis yang berbatasan dengan Kabupaten Mamberamo Raya.

“Kita pastikan, tidak ada lagi yang masuk ke wilayah hukum Mamberamo Tengah, terkecuali aparat pemerintah yang bertugas dan anggota TNI-POLRI,” tegas Kapolres.

Sementara itu, Perwira Penghubung Kapten Inf. Abdul Muthalib mendukung penuh kebijakan yang sudah diambil pemerintah.

”Kami juga berterimah kasih kepada pemerintah daerah yang sudah memberikan bantuan masker. Dan kami siap bekerja sama untuk mengamankan apa yang sudah diputuskan,” ujarnya.

Sebelumnya, bantuan serupa diberikan Pemkab Mamteng kepada masyarakat di tiga distrik yakni Distrik Kobakma, Kelila dan Eragayam untuk mencegah virus corona. (Gusty Masan Raya/Reis Masella)

Facebook Comments Box