Kabar Duka, 1 Pasien Positif Corona di Kota Jayapura Meninggal Dunia

Tim Satgas Covid-19 Papua ketika menurunkan jenazah pasien Covid untuk dimakamkan, Minggu (05/04/2020) pagi.

JAYAPURA (PB.COM)-Korban keganasan corona virus disease atau Covid-19 di Provinsi Papua bertambah. Minggu (05/04/2020) dini hari sekitar Pkl. 02.30 WIT, salah seorang pasien positif Covid-19 yang tengah menjalani perawatan di salah satu rumah sakit swasta di Kota Jayapura meninggal dunia.

Teman2 yth. Hari ini minggu 5 ap 2020, jam 11.15 WIT, Tim satgas Covid-19 Prov Papua dan Gugus Tugas Covid-19 kota Jayapura bersama tim medis rumah sakit telah menguburkan salah satu penderita positif Covid-19. Upaya keras telah tim medis kerjakan namun kami masih kalah terhadap ganasnya virus ini. Kami akan terus berjuang untuk memenangkan peperangan ini,”  demikian pesan singkat yang ditulis Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Papua dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) di whatsapp group (WAG) Wartawan Covid-19 Papua, Minggu (05/04/2020) siang Pkl. 12.22. WIT.

Saya punya keyakinan kita akan menenangkan pertarungan ini. Karena kami didukung oleh rakyat sebagai garda terdepan. Petugas kesehatan di Pertahanan terakhir dan Tuhan Allah sebagai Tabib semawi. Tetap bersatu padu, patuhi instruksi pemerintah, jaga kesehatan. Jika ada keluhan kesehatan, hubungi kami di hotline 1500671. Tuhan bersama kita. Amin,” tutup dr. Sumule dalam pesan itu.

Jubir Satgas Covid Papua bersama tim dan tenaga medis rumah sakit berdoa sebelum melepas jenazah.

Menurut dr. Sumule, sejak masuk rumah sakit 1 April hingga 4 April petang, korban Covid ini masih berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan sampelnya sedang diperiksa menggunakan Polymerase Chain Reaction (PCR) di Litbangkes Papua.

“Hasil PCR keluar sesudah konferensi pers kemarin bahwa yang bersangkutan dinyatakan positif,” tegas Sumule.

Pantauan papuabangkit.com, kabar kematian pasien ini tersebar luas di media sosial dengan data detail nama dan alamat, baik whatsapp maupun facebook.

Di beberapa foto yang diterima, tampak Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Papua dr. Silwanus ikut dalam proses pelepasan jenazah dengan ritual doa singkat.

Pada foto lain, sekitar 6 pria dengan  baju seperti astronot sebagai Alat Pelindung Diri (APD) tampak memikul peti jenazah dari ambulance hingga menurunkannya ke liang kubur yang sudah disiapkan.

Tak banyak orang yang hadir di sekitar lokasi pemakaman, sebagaimana protap pemakaman pasien Covid-19 yang dikeluarkan Kemenkes RI. Sejumlah aparat dan Tim Satgas Covid Papua maupun Gugus Tugas Covid Kota Jayapura ikut mengawal proses pemakaman itu.

Sebelumnya, pada Jumat (03/04/2020), salah satu pasien positif Covid-19 Papua di Kabupaten Mimika meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif di ruang isolasi di salah satu rumah sakit di Timika.

Sejak ditemukannya kasus Covid-19 di Merauke pada pertengahan Maret lalu, tercatat sudah dua pasien korban Covid-19 yang meninggal dunia di Provinsi Papua.

Sementara saat ini, sebanyak 18 pasien dinyatakan positif, dimana 4 orang sembuh dan 13 lainnya sedang dirawat di sejumlah rumah sakit di Provinsi Papua. Dari jumlah positif ini, 2 di antaranya adalah pasien yang sedang menderita sakit berat. Juga terdapat 44 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 6.392 Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Ada 16 rumah sakit rujukan Covid-19 di Papua. Kami mohon dukungan doa dari seluruh masyarakat Papua bagi mereka yang sakit dan para pekerja medis agar Tuhan menjaga dan menyembuhkan mereka,” pesan dr. Silwanus dalam keterangan pers secara virtual kepada wartawan, Sabtu (04/04/2020) kemarin. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *