DP2KB Sarmi dan TNI/Polri Gandeng Sejumlah Komunitas Gelar Aksi Lawan Covid-19

Segenap pimpinan dan jajaran di DP2KB Sarmi, Dandim 1702/Sarmi, Polres Sarmi dan anggota Komunitas Roda Dua dan Roda Empat berpose bersama sebelum menggelar aksi pedulis sosial berupa pembagian masker, Senin (20/04/2020).

JAYAPURA (PB.COM)—Dalam upaya mengedukasi masyarakat untuk melawan dan memerangi penyebaran virus corona disease atau Covid-19, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua, bersama TNI/Polri dan sejumlah komunitas roda dua yakni YVC_I SN, GAS PI, dan YNCI dan roda empat yakni MOC Sarmi, menggelar kegiatan aksi peduli sosial berupa pembagian masker secara gratis kepada masyarakat di Kota Ombak, Sarmi, Senin (20/04/2020).

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Sarmi, Hugo Abraham Samoa,S.Si.M.Si mengatakan kegiatan ini berlangung di empat titik yakni di wilayah Distrik Bonggo, Sarmi Timur, Sarmi dan Pantai Barat. Tahap berikut, kata Abraham, pihaknya akan melakukan pembagian bantuan sosial berupa sembako untuk menolong ekonomi masyarakat, sekaligus mencegah masyarakat untuk tidak boleh banyak beraktivitas di luar rumah.

Kepala DP2KB Sarmi, Hugo Abraham Samoa,S.Si.M.Si saat memberikan arahan.

“Kami memberi perlindungan kepada masyarakat dengan membagi masker secara gratis dan mengedukasi mereka bagaimana mencegah virus ini. Misalnya memberi pemahaman tentang bagaimana social distancing dan physical distancing, jaga jarak, lalu menghindari tradisi bersalaman jabatan tangan, dan berdiri atau duduk jarak 1 meter sehingga bisa terhindar dari penularan,” kata Abraham sebagaiman rilis audio yang diterima papuabangkit.com.

Menurut Abraham, pandemi Covid-19 ini sangat menggangggu kehidupan pribadi dan sosial yang terjadi di seluruh dunia, termasuk di Kabupaten Sarmi. Oleh karena itu, upaya memerangi dan mencegah Covid-19 di Sarmi ini harus dilakukan secara bersama-sama.

“Untuk itu, selain TNI/Polri, kami juga menggandeng empat komunitas Roda Dua dan Roda Empat. Saat ini kita punya 4 kasus positif dan 1 orang yang dirawat di RSUD Jayapura dikabarkan sembuh dan akan kembali,” katanya.

Kepala DP2KB Sarmi, Hugo Abraham Samoa,S.Si.M.Si didampingi Komandan Kodim (Dandim) 1712/Sarmi Letkol Inf Lamberth Jerry Mailoa dan Kasat Lantas Iptu Jusman Mori, S.I.K saat diwawancara.

Komandan Kodim (Dandim) 1712/Sarmi Letkol Inf Lamberth Jerry Mailoa mengatakan wabah Covid yang mendunia ini membutuhkan kepatuhan dari seluruh elemen masyarakat agar bersama-sama memeranginya. Salah satunya, dengan mengikuti himbauan pemerintah seperti menjaga jarak, hindari kerumunan dan rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Tuhan sudah Adil, setiap penyakit pasti ada obatnya. Sarmi sudah 4 yang positif, kita harus bekerja ekstra ketat. Masyarakat harus ikuti himbauan pemerintah,” tegas Dandim Lamberth.

Kapolres Sarmi, AKBP Hapry Lanudjun. S.Sos.MM melalui Kasat Lantas Iptu Jusman Mori, S.I.K selaku pembina Komunitas Roda Dua dan Roda Empat mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena ini yang menjadi bukti nyata kepedulian komunitas terhadap persoalan Covid agar masyarakat Sarmi bisa diselamatkan.

“Saya berharap, kegiatan seperti ini terus dilakukan dan kekompakan terus dijaga. Jangan hanya satu kali, tetapi hingga wabah berakhir kita lakukan terus. Saya atas nama Kapolres Sarmi, sangat berterima kasih kepada Pemda dan komunitas yang rela turun ke lapangan,” ujar Jusman.

Sementara itu Koordinator Komunitas Roda Dua Marthinus Octovianus berharap kiranya aksi peduli sosial yang dilakukan ini bisa memberi perlindungan kepada masyarakat

Salah seorang anggota komunitas memasang masker kepada warga Sarmi dalam aksi peduli.

“Kita akan selalu bersama-sama pemerintah daerah dan TNI/Polri,  bergandengan tangan menolong masyarakat lewat aksi serupa ke depan,” katanya.

Hadir dalam kegiatan ini, dua anggota DPRD Sarmi, Nurjannah Katinur SH dan Marco Kopong Lamablawa.

“Kami akan terus mendukung dan mem-back up masyarakat dan organisasi-organisasi sosial dalam kegiatan serupa ke depan,” ucap Nurjannah. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *