Tim Medis di Papua Luar Biasa, Tiga Pekan Tak Ada Pasien Covid  Meninggal  

 

Suasana simulasi penanganan pasien di tempat kejadian perkara oleh Unit Reaksi Cepat (URC) yang melibatkan RSUD Jayapura, Polres Jayapura Kota, Kodim 1701/Jayapura dan UP2KP, Senin (20/04/2020) di Taman Imbi, Kota Jayapura.

JAYAPURA (PB.COM)Jumlah kasus corona virus disease atau Covid-19 di  Provinsi Papua setiap hari terus bertambah. Berdasarkan data Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua per Kamis (23/04/2020), orang yang positif terpapar Covid mencapai 131 0rang yang menyebar di 11 kabupaten/kota, dimana 89 orang sedang dalam perawatan, 35 sembuh dan 7 orang meninggal.

Namun, satu hal yang patut disyukuri ialah data ini menunjukkan bahwa angka persentase kesembuhan cukup tinggi yakni 27 persen dan melewati angka nasional yang hanya sebesar 11 persen. Sementara tingkat kematian hanya 5 persen, dimana tiga pekan terakhir, tak ada kasus kematian yang terjadi.

Data Perkembangan Covid-19 di Provinsi Papua per 23 April 2020.

“Ada 2 faktor penunjang. Pertama, petugas-petugas kesehatan bekerja sangat luar biasa. Mereka mampu menemukan kasus sedini mungkin, langsung dibawa ke rumah sakit, dan tim medis rumah sakit langsung tangani. Mereka berupaya semaksimal mungkin agar pasien yang sakit ringan tidak naik ke sedang, yang kondisinya sakit sedang tidak naik ke sakit berat. Puji Tuhan, saat ini kondisi 89 pasien yang sedang dirawat dalam keadaan stabil. Kedua, tentu saja doa dari seluruh masyarakat di Papua bagi pelayanan tim medis dan juga bagi mereka yang sedang sakit,” ujar Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) saat memberi keterangan pers secara virtual dari Posko Satgas Covid-19 Provinsi Papua, Kamis (23/04/2020).

Menurut Sumule, per Kamis (23/04/2020) ada penambahan 7 kasus baru yakni di Keerom 2 kasus, Mimika 2 kasus dan 2 kasus ABK KM Dobonsolo di Kota Jayapura. Sementara  Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah 15 orang menjadi 175 dan terdapat 3.850 Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Ia menjelaskan, adapun rincian kasus Covid-19 di 11 kabupaten/kota di Provinsi Papua, meliputi Kabupaten Mimika sebanyak 41 kasus, dimana 32 sedang dalam perawatan, 6 sembuh dan 3 meninggal; Kota Jayapura sebanyak 35 kasus, dimana 16 orang sedang dirawat, 16 orang sembuh, dan 3 meninggal; Kabupaten Jayapura punya 25 kasus, 18 sedang dirawat, 6 orang sembuh, dan 1 meninggal.

Kemudian, Merauke terdapat 9 kasus, dirawat 5 orang dan 4 orang sembuh; Keerom 8 kasus, 7 dirawat dan  1 sembuh; Sarmi terdapat 4 kasus, 2 sedang dirawat dan 2 sembuh; Nabire ada 3 kasus dan semuanya sedang dirawat; Jayawijaya memiliki 2 kasus sedang dirawat di RSUD Wamena, Biak terdapat 2 kasus dan sedang dirawat, Mamberamo Tengah 1 kasus dan sedang dirawat di RSUD Wamena, serta Boven Digoel 1 kasus dan sedang dirawat di RSUD Merauke.

“Kami tetap selalu menghimbau masyarakat untuk menjaga jarak, social distancing dan physical distancing, tetap gunakan masker dan rajin mencuci tangan. Kami ingatkan sekali lagi, masyarakat adalah garda terdepan wabah ini,” tegas Sumule. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *