Tingkat Kesembuhan Pasien Covid di Papua Tertinggi Kedua di Indonesia

Data Perkembangan Covid-19 di Provinsi Papua per 24 April 2020.

JAYAPURA (PB.COM)Kabar gembira! Sebanyak tiga pasien yang positif terpapar Covid-19 di dua rumah sakit swasta di Kota Jayapura, Provinsi Papua, hari ini dinyatakan sembuh. Dengan tambahan ini, maka total jumlah pasien Covid yang sembuh sebanyak 38 orang, sejak wabah ini melanda Bumi Cenderawasih pada 22 Maret dengan ditemukannya kasus pertama di Merauke.

“Hari ini, ada tambahan tiga pasien yang sembuh itu, 2 pasien di RS Dian Harapan dan 1 di RS Provita. Pemerintah Provinsi Papua memberi apresiasi luar biasa kepada tim medis, secara khusus kepada kedua rumah sakit swasta ini sehingga tiga pasien kita sembuh. Rincian 38 pasien ini yakni 4 di Merauke, 18 di Kota Jayapura, 6 di Mimika, 6 di Kabupaten Jayapura, 2 di Sarmi dan 2 di Keerom,” ujar Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K), Jumat (24/04/2020) saat memberi keterangan pers secara virtual dari Posko Satgas Covid-19 Provinsi Papua,

Para pasien Covid di RSUD Jayapura yang sembuh.

Menurut Sumule, terus bertambahnhya jumlah pasien Covid-19 yang sembuh membuat Provinsi Papua menempati urutan kedua sebagai daerah dengan tingkat kesembuhan tertinggi kedua di Indonesia, setelah Bali. Saat ini, persentase kesembuhan pasien Covid di Papua mencapai 28 persen, sementara tingkat kematian hanya 5 persen, dimana baru terjadi 7 kasus meninggal dunia.

Ia menjelaskan, berdasarkan data Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua per Jumat (24/04/2020), orang yang positif terpapar Covid mencapai 137 0rang yang menyebar di 11 kabupaten/kota, dimana 92 orang sedang dalam perawatan, 38 sembuh dan 7 orang meninggal. Sementara Pasien Dalam Pengawasan Sebanyak 184 orang dan terdapat 3.855 Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Ada tambahan 6 kasus, 3 di Kota Jayapura, 2 di Kabupaten Jayapura dan 1 di Keerom. Mereka semua rata-rata sakit ringan dan sedang, termasuk semua lain yang sedang dirawat,” ujar

Adapun rincian kasus Covid-19 di 11 kabupaten/kota di Provinsi Papua, meliputi Kabupaten Mimika sebanyak 41 kasus, dimana 32 sedang dalam perawatan, 6 sembuh dan 3 meninggal; Kota Jayapura sebanyak 38 5 kasus, dimana 17 orang sedang dirawat (4 ABK Dobonsolo), 18 orang sembuh, dan 3 meninggal; Kabupaten Jayapura punya 27 2 kasus, 20 sedang dirawat, 6 orang sembuh, dan 1 meninggal.

Kemudian, Merauke terdapat 9 kasus, dirawat 5 orang dan 4 orang sembuh; Keerom 9 kasus, 7 dirawat dan  2 sembuh; Sarmi terdapat 4 kasus, 2 sedang dirawat dan 2 sembuh; Nabire ada 3 kasus dan semuanya sedang dirawat; Jayawijaya memiliki 2 kasus sedang dirawat di RSUD Wamena, Biak terdapat 2 kasus dan sedang dirawat, Mamberamo Tengah 1 kasus dan sedang dirawat di RSUD Wamena, serta Boven Digoel 1 kasus dan sedang dirawat di RSUD Merauke.

“Kami tetap selalu menghimbau masyarakat untuk menjaga jarak, social distancing dan physical distancing, tetap gunakan masker dan rajin mencuci tangan. Kami ingatkan sekali lagi, masyarakat adalah garda terdepan wabah ini,” tegas Sumule. (Gusty Masan Raya)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *