Bupati Ateng Edowai dan Kadinkes Kornelis Pakage saat menyerahkan APD kepada petugas posko terpadu kilometer 100.

DEIYAI (PB.COM) – Sebagai bukti kepedulian terhadap pencegahan dan penanggulangan virus corona di Meepago, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deiyai turut berkontribusi membantu penanganan Covid-19 dengan memberikan alat pelindung diri (APD) ke posko terpadu di kilometer 100, Distrik Siriwo, Nabire.

Bupati Deiyai Ateng Edowai didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Deiyai, Kornelis Pakage, Minggu (26/4/2020) menyerahkan bantuan berupa 30 perangkat alat pelindung diri (APD) kepada pihak posko terpadu tersebut. Menurut dia, penyerahan APD merupakan wujud kesepakatan antara lima Bupati se-wilayah Meepago pada Kamis (16/4/2020) lalu.

Hari ini kami telah menyerahkan APD sebanyak 30 set, termos scan satu buah, masker dua box, handscone satu box, sepatu bot 15 pasang kepada tim Gugus Tugas Covid-19 di KM 100,” ujar Bupati Ateng Edowai.

Penyerahan APD langsung diterima oleh kordinator posko, Yuliten Makai didampingi wakil ketua DPRD Dogiyai, Simon Petrus Pekei, dan rekan-rekan. “Jadi kami kasih dalam kondisi baru, baik dan lengkap,” ucapnya.

Kadinkes Deiyai Kornelis Pakage mengatakan, pihaknya memberikan perhatian terhadap masalah penyebaran Covid-19 ini yang perkembangannya sangat memprihatinkan.

Menurut Pakage, jika suhu tubuh melampaui batas normal setelah dites pakai termos suhu bagi semua orang yang melintasi wilayah itu maka disarankan agar segera dirujuk ke RSUD Nabire sesuai petunjuk dari Kemenkes RI.

“Ini semua lokal standar WHO. Jadi kami sarankan agar dapat berfungsi dengan baik dan benar sesuai kebutuhan,” katanya.

Simon Petrus Pekei, Wakil Ketua DPRD Dogiyai mengatakan pihaknya tidak sangka kalau akan ada bantuan APD dalam waktu dekat pascakesepakatan para bupati sepekan lalu. “Kami mewakili posko dan pemerintah Kabupaten Dogiyai sampaikan terimakasih banyak atas bantuan APD ini dari Bupati dan Kadinkes Deiyai,” ujar Pekei. Ia mengakui selama ini pihaknya kendala yang luar biasa lantaran tidak adanya APD. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box