JAYAPURA (PB.COM) – Masyarakat diimbau menghemat Bahan Pokok (Bapok) dan lebih mengutamakan mengonsumsi pangan lokal selama pandemik virus corona (Covid-19).

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, SE.MM kepada wartawan di Jayapura, Rabu (29/4/2020) menyarankan supaya masyarakat lebih arif belanja pangan lokal. “Dari hasil rapat koordinasi dan cek fisik yang ada, stok  beras Bulog dan kebutuhan lain masih aman hingga empat bulan ke depan,” kata Klemen Tinal.

Namun demikian, masyarakat diimbau tidak perlu khawatir soal kebutuhan Sembako sebab petani siap mengamankan Bapok. “Petani kita baru bisa selesai bekerja sampai sore, sehingga mereka siap untuk mengamankan bapok,” jelasnya.

Selaoin itu, ujar mantan Bupati Mimika tersebut bahwa Pemprov Papua telah melakukan pertemuan dan memastikan Pelni standby kapan pun jika dibutuhkan.  “Kami sudah rapat dengan semua pihak dan sudah memastikan ke Pelni agar siap jika ada situasi darurat kita membutuhkan sembako untuk kepentingan masyarakat,” jelasnya.

Dari hasil pertemuan tersebut tidak ada masalah jika sewaktu-waktu dibutuhkan, sebab Pemprov telah menyurat ke Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan. “Dengan demikian kalau ada situasi krisis (kita tidak harap) sudah koordinasi dan kapal dapat mengisi kekurangan itu,” jelasnya. (Toding)

Facebook Comments Box