RSUD Jayapura Sedang Rawat 132 Pasien Covid

Direktur RSUD Jayapura drg. Aloysius Giyai, M.Kes saat melepas 7 pasien Covid yang sembuh, Senin (20/04/2020) lalu.

JAYAPURA (PB.COM)—Direktur RSUD Jayapura drg. Aloysius Giyai, M.Kes mengatakan saat ini pihaknya sedang merawat pasien Covid sebanyak 132 orang, dimana sebagiannya sudah berstatus positif dan sebagian lagi yang masih berstatus reaktif hasil Rapid Test.

“Yang kami rawat sebanyak 132 pasien, dimana di ruangan RSUD Jayapura sebanyak 69 orang dan 63 pasien lainnya sementara dirawat di Hotel Sahid Jayapura. Dokter yang merawat pasien Cobvid di RSUD Jayapura, selalu ke Hotel Sahid Entrop untuk kontrol pasien yang dirawat di sana,” kata Aloysius kepada wartawan, Selasa (26/05/2020).

Menurut Aloysius, sebagai Koordinator Penanganan Pasien Covid-19 sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur Papua, maka hari ini ia memantau semua rumah sakit dan tempat-tempat penampungan pasien yang dikarantina, mulai dari rumah sakit pemerintah, mitra, hotel hingga Diklat Provinsi Papua.

RSUD Jayapura, salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Provinsi Papua.

“Jadi sebagian pasien yang dirawat di RSUD Jayapura maupun di Hotel Sahid itu yang hasil Rapid Test-nya reaktif sehingga masih menunggu hasil pemeriksaan swab,” katanya.

Ia menambahkan, sebenarnya beberapa pasien yang menjalani perawatan di RSUD Jayapura itu sudah dinyatakan negatif, tetapi harus kembali diperiksa lagi sebelum diperbolehkan pulang ke rumah.

“Harus dites lagi, bukan satu kali tes tetapi harus dua kali tes, dua kali tes swab ataupun PCR. Kalau hasilnya negatif baru bisa dipulangkan,” katanya.

Sebelumnya, pada April 2020, rumah sakit rujukan tertinggi di Provinsi Papua ini juga merawat puluhan pasien. Pada 20 April, mereka berhasil memulangkan sekitar 11 pasien positif yang telah sembuh setelah menjalani perawatan medis di sana.

“Pola pelayanan yang ramah, humanis, komunikasi yang tulus dan perlakuan yang layak sebagaimana pasien penyakit lainnya, itulah yang paling dibutuhkan oleh pasien Covid agar seger sembuh,” tegas Aloysius.

Berdasarkan keterangan Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K), 80-an persen pasien di Papua memang menderita sakit ringan dan sedang.

“Sehingga tingkat kesembuhan pasien tinggi, capai 28 persen, dimana sudah ada 178 pasien Covid yang sembuh,” kata Sumule, Senin (25/05/2020).

Hingga 25 Mei 2020, terdapat 637 orang yang positif terinfeksi Covid di Bumi Cenderawasih, dimana 448 pasien sedang dalam perawatan medis, 178 orang dinyatakan sembuh, dan 11 orang meninggal dunia. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *