Rata-Rata Tahanan Covid di Jayapura Mulai Sembuh

 

Komandan Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Polres Jayapura Kota, Iptu Zainuddin Ashari saat menjemput tahanan yang wanita yang sudah sembuh di RSUD Abepura, Rabu (17/06/2020)

 

JAYAPURA (PB.COM)Hampir sebagian besar tahanan Polres Jayapura Kota yang menderita Covid-19 mengalami perkembangan baik. Selain ada yang sudah pulang karena dinyatakan sembuh, sebagian besar lain yang sedang dirawat di RS Bhayangkara dan rutan Polsek Abepura  pun menunjukkan hasil negatif saat swab tes pertama.

“Hasil swab pertama bagi mereka yang dikarantina di Polsek Abepura, dari 21 orang, ada 17 sudah negatif, hanya 4 yang masih positif. Tetapi masih ada pemeriksaan swab kedua untuk memastikan bahwa semuanya benar-benar sembuh,” kata Komandan Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Polres  Jayapura Kota, Iptu Zainuddin Ashari, Amd.Kep.SH kepada papuabangkit.com, Kamis  (18/06/2020).

Menurut Ashari, pada Rabu (17/06/2020), pihaknya sudah menjemput salah seorang tahanan wanita yang sedang hamil 7 bulan di RSUD Abepura karena sudah dinyatakan sembuh dari virus Corona. Pasien berinisial S itu sebelumnya dikarantina di Polsek Abepura dan mengalami pendarahan sehingga dievakuasi ke rumah sakit. Keesokan harinya, salah seorang rekannya, NB sesama tahanan yang juga hamil pun dilarikan ke rumah sakit yang sama karena pingsan.

“Tinggal NB yang masih di RSUD Abepura, hasil swab pertama negatif, lagi menunggu swab kedua,” tuturnya.

Sementara itu di Rutan Polsek Abepura, saat ini terdapat  21 tahanan penderita Covid terdiri dari 2 perempuan dan 19 laki, yang rencananya akan melakukan pengambil swab untuk pemeriksaan kedua.

“Kalau di RS Bhayangkara ada 20 tahanan laki-laki yang sedang dirawat. Satu orang rencananya kami jemput mala mini, lain-lain masih menunggu swab kedua,” tegas Ashari yang juga Paur Kesehatan Polres Jayapura Kota ini.

Sementara itu, terkait kasus kematian AM (36), salah seorang tahanan di RS Bhayangkara pada Rabu (17/06/2020) dini hari, Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) menegaskan bahwa pasien tersebut negatif alias bebas Covid.

“Hasilnya sudah keluar dari Labkesda, tahanan itu negatif,” kata Sumule Rabu (17/06/2020) saat memberi keterangan pers secara virtual dari Media Center Satgas Covid-19 Provinsi Papua. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *