Satgas Covid-19 Papua Siap Back-Up Rapid Test Penambang Liar

Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)

JAYAPURA (PB.COM) – Gugus Tugas Covid-19 Papua menyiapkan beberapa skenario dalam memback-up dan mendukung rapid test terhadap penambang liar yang tersebar di Boven Digoel, Pegunungan Bintang dan Yahukimo.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Papua dr.Silwanus Sumule kepada wartawan di Jayapura menyatakan  provinsi dan kabupaten/kota tentunya terlebih dahulu membagi kewenangan.

“Kita bagi kewenangan dulu, kami dari provinsi akan memback up teman-teman dalam hal penyiapan rapid tes, APD, obat, swab dan pemeriksaan,” kata Sumule.

Selain itu, kata Sumule bahwa provinsi juga memastikan jika dari hasil rapid test tersebut ada pasien positif Covid-19, pihaknya telah menyiapkan RS Merauke, RS Boven Digoel dan rumah sakit di Mappi untuk menangani pasien tersebut.

“Itu tugas-tugas kita, sementara untuk hal-hal teknis yang ada di lapangan, kami serahkan teman-teman di kabupaten,” jelasnya.

Lanjutnya, salah satu skenario penanganan Covid-19 yang dapat dilakukan misalnya membuat isolasi mandiri di Bivak atau tenda penambang liar.

“Intinya kami siap memback teman-teman di kabupaten, koordinasi dengan kabupaten terus kami lakukan,” katanya lagi. (Toding)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *