Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Dr. Robby Kayame, SKM.M.Kes saat meninjau Posko Covid BPSDM Kotaraja, 16 Juni 2020.

JAYAPURA (PB.COM)Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Dr. Robby Kayame, SKM.M.Kes meminta agar jajaran dinas kesehatan di 29 kabupaten/kota di wilayah itu mulai menyiapkan diri menghadapi pemberlakuan kebijakan New Normal. Yaitu, menyiapkan tim pengelola Covid-19 secara struktural dan fungsional di organisasi perangkat daerah tersebut dan memperkuat Puskesmas agar bisa menangani Covid.

“Suka tidak suka, mau tidak mau, kita akan hadapi ke depan Kebijakan New Normal ini. Saat ini kita masih relaksasi kontekstual Papua karena kasus kita masih belum stabil. Tapi pekan ini terlihat mulai menurun. Virus ini datang dan tinggal, kita yang harus atur diri. Karena itu, Dinas Kesehatan harus siap melawannya dengan pengelola program khusus. Supaya juga pendanaan dan tim kerja tidak mengganggu program pelayanan kesehatan yang lain,” kata Dr. Robby kepada papuabangkit.com, Jumat (19/06/2020).

Menurut Robby, pihaknya bertugas melanjutkan dan menerapkan kebijakan-kebijakan dari Kementerian Kesehatan dan Gubernur Papua. Untuk itu, dalam rangka menyongsong New Normal ke depan, Dinas Kesehatan telah mengambil sejumlah langkah yang harus diikuti oleh dinas kesehatan di kabupaten/kota.

“Pertama adalah menyiapkan tim kerja khusus pengelola program Covid-19 di Papua, semacam Program ATM (AIDS, TBC dan Malaria—Red.). Oleh karena itu, kami meminta dinas kesehatan kabupaten kota juga harus ada pengelola program Covid ini di sana. Siapkan perangkatnya, kebutuhan peralatan di Puskesmas itu, orang-orangnya harus dilatih, juknis/juklaknya disiapkan. Nanti tim kita dari provinsi yang akan turun melakukan bimbingan teknis dan monitoring,” katanya.

Kedua, dinas kesehatan/kota juga harus mulai menyiapkan Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan dasar bagi pelayanan pasien Covid, terutama pemeriksaan. Kata Robby, salah satu hal wajib yang diterapkan di era New Normal adalah wajib periksa bagi warga untuk mengetahui status kesehatan.

Karena itu, mantan Kepala Dinas Kesehatan Paniai ini meminta agar semua pemerintah daerah kabupaten/kota harus menyediakan alat Rapid Test di seluruh Puskesmas agar setiap warga yang datang berobat menjalani pemeriksaan cepat itu. Dinas Kesehatan Provinsi Papua hanya  menjadi baper stok atau cadangan, ketika ada kekurangan dan keterbatasan di daerah barulah ditolong.

Pertemuan Dinas Kesehatan Papua dengan Dinas Kesehatan Kota Jayapura dihadiri oleh Walikota Benhur Tomi Manno dan Wakil Walikota Rustam Saru di Hotel Horison, Jayapura.

 

“Pengadaan Rapid Test ini sepenuhnya adalah tanggung jawab kabupaten/kota. Kami sudah pertemuan dengan Walikota Tomi Mano dan beliau sangat senang. Kami akan turunkan tim ke seluruh Puskesmas di Kota Jayapura untuk lakukan pendampingan dalam rangka menyiapkan Puskesmas menjadi fasilitas yang mandiri dalam menangani Covid. Karena itu bagi kabupaten lain, tak ada alasan tak sediakan Rapid Test. Ini wajib disiapkan di Puskesmas dan gratis,” tegas pria asal Paniai ini.

Ketiga, menyiapkan protokol kesehatan bagi kehidupan masyarakat di masa pemberlakuan New Normal agar seragam antara apa yang diterapkan di Provinsi Papua sama dengan yang diterapkan di kabupaten/kota.

“Kemarin kita sudah rumuskan 5 hal wajib di era New Normal, tetapi satu yang kita lupa adalah Wajib Berdoa. Karena doa adalah penopang bagi setiap langkah kita,” katanya. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box