Dua Kasus Covid Baru Ditemukan di Yalimo, Total 15 Daerah di Papua Terpapar

Data Perkembangan Covid Provinsi Papua per 20 Juni 2020.

 

JAYAPURA (PB.COM)Sebanyak 2 kasus pasien positif Covid-19 ditemukan di Kabupaten Yalimo, Papua, Sabtu (20/06/2020). Kabar ini tentu menjadi alarm bagi sejumlah daerah di Papua yang saat ini masih zona hijau namun memiliki Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) saat memberi keterangan pers secara virtual dari Media Center Satgas Covid-19 Provinsi Papua, Sabtu (20/06/2020) mengatakan, sebelumnya kedua pasien ini adalah ODP.

“Tapi kita apresiasi Tim di Yalimo sudah bergerak untuk bekerja luar biasa. Saat ada gejala yang muncul, keduanya didorong ke RSUD Wamena, lalu dilakukan swab. Hasilnya dinyatakan positif,” kata dr Sumule.

Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)

 

Menurut Sumule, dengan kasus Yalimo kiranya membuka kesadaran bagi Pemda Yalimo dan Pemda kabupaten lain di sekitarnya yang berada di Pegunungan Tengah Papua untuk memgambil pengawasan ketat terkait pergerakan tradisional masyarakat melalui jalan kaki antarwilayah.

“Tim medis di Yalimo sudah melakukan tracing. Kita mendorong mereka dengan kekuatan penuh untuk terus melakukannya secara masif untuk menemukan kasus baru lebih dini,” tegas Sumule.

Selain Yalimo, data hasil pemeriksaan PCR dan TCM di sejumlah daerah menunjukkan ada penambahan kasus positif di beberapa daerah lainnya, yaitu Kota Jayapura sebanyak 19 kasus, Kabupaten Keerom 4 orang, Kabupaten Jayapura 1 orang, dan Biak Numfor 1 orang.

“Sementara, ada kabar gembiran juga. Hari ini, ada 26 pasien dinyatakan sembuh yaitu Kota Jayapura 4 orang, Kabupaten Jayapura 2 orang, Keerom 2 kasus orang, Biak Numfor 15 orang, dan Mimika 3 orang,” kata Sumule.

Dengan demikian, per 20 Juni 2020, total kumulatif warga Papua yang terinfeksi Covid-19 sebanyak 1.424, dimana 803 pasien sedang dalam perawatan, 605 orang dinyatakan sembuh, dan 16 orang meninggal dunia.

Berdasarkan data Satgas Covid Papua, sebanyak 15 daerah tercatat sudah terpapar virus asal Wuhan ini yakni Kota Jayapura, Mimika, Kabupaten Jayapura, Biak, Nabire, Keerom, Jayawijaya, Boven Digoel, Sarmi, Waropen, Kepulauan Yapen, Yalimo, Merauke, Supiori, dan Mamberamo Tengah.

Data sebaran ODP dan PDP di Provinsi Papua per 20 Juni 2020.

 

Sementara sejumlah daerah yang masih zona hijau namun memiliki ODP dan PDP yakni Tolikara (184 ODP dan 1 PDP), Puncak Jaya (164 ODP), Puncak (86 ODP), Mamberamo Raya (34 ODP), Yahukimo (18 ODP dan 17 PDP), Mappi (5 ODP), dan Intan Jaya (5 ODP).

“Kami minta masyarakat tetap mematuhi protoKol kesehatan karena angka kita belum stabil. Masih terjadi penambahan kasus, mohon kita bersama-sama bekerjasama mengendalikan wabah ini. Sambil, kita juga bersyukur bahwa banyak pasien juga sembuh setiap hari,” kata Sumule yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Papua ini. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *