Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak, SH.MSi saat bersiap meletakan batu pertama pembangunan Gereja Katolik Stasi Kristus Raja Ilugwa Paroki Kristus Terang Dunia Yiwika, Rabu (24/6/2020).

 

ILUGWA (PB.COM)Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak, SH,MSi mewujudkan janji imannya dengan membangun gedung gereja bagi umat Katolik di Distrik Ilugwa Kabupaten Mamberamo Tengah.

Pembangunan gereja Katolik Stasi Kristus Raja Ilugwa Paroki Kristus Terang Dunia Yiwika Dekenat Pegunungan Tengah Keuskupan Jayapura itu ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan oleh Bupati Ricky dan Pastor Dekan Dekenat Pegunungan Tengah Pastor Kornelis Kopong, Pr, Rabu (24/06/2020).

Dalam peletakan batu pertama pembangunan Gereja Katolik itu, hadir juga Wakil Bupati Yonas Kenelak, S.Sos, Ketua DPRD Hengky Dani Yikwa, SE, 9 Pastor Paroki Dekenat Pegunungan Tengah dan ratusan umat Katolik Stasi Kristus Raja Ilugwa.

Bupati Ricky Ham Pagawak mengatakan, pembangunan gereja ini merupakan bukti janji iman yang sudah pernah disampaikan kepada umat Katolik di Distrik Ilugwa beberapa waktu lalu bahwa ia akan selalu ada mendukung pekerjaan Tuhan. Salah satunya, dengan membangun gereja Katolik.

Menurut Bupati Ricky Ham Pagawak, pembangunan gereja merupakan program pemerintah untuk menyiapkan fasilitas seperti gereja agar umat bisa beribadah dengan nyaman.

“Saya dan jajaran pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah punya kepedulian yang besar bagi gereja. Sebab saya akui kabupaten ini ada juga berkat andil dari gereja dengan memberikan rekomendasi. Ini juga bukti bahwa pemerintah tidak harus diam, tapi mendukung proram penginjilan lebih khusus di Gereja Injili Di Indonesia, dengan visi penginjilan belum selesai. Bagian daripada itu, kami juga hadir di Gereja Katolik,” ujar Ricky.

Bupati yang akrab disapa RHP ini menuturkan, perhatian bagi gereja Katolik, tidak hanya untuk umat di Distrik Ilugwa, namun juga sudah dilakukan bagi Gereja Katolik Kristus Jaya Wamena Kabupaten Jayawijaya dan Paroki Sang Penebus Sentani Kabupaten Jayapura.

Bupati dua periode ini menjelaskan, dengan pembangunan Gereja Katolik ini, Pemkab Mamteng tidak memperhatikan satu gereja saja. Namun pemerintah hadir untuk semua denominasi gereja yang ada di Mamberamo Tengah, baik itu GIDI, GKI, GJRP maupun Katolik.

“Saya berharap, umat Katolik di Distrik Ilugwa agar apa yang sudah dipersembahkan pemerintah untuk Tuhan ini dapat digunakan untuk memuliakan nama Tuhan,” kata RHP.

Dekan Dekenat Pegunungan Tengah Pastor Kornelis Kopong, Pr mengatakan, atas nama Bapa Uskup Jayapura Mgr Laba Ladjar, OFM dan juga umat Katolik Dekenat Pegunungan Tengah, ia menyampaikan terima kasih banyak kepada pemerintah daerah Kabupaten Mamberamo Tengah melalui Bupati Ricky Ham Pagawak atas perhatiannya yang sangat luar biasa untuk pembangunan rumah ibadat bagi umat Katolik.

Pastor Kornelis mengakui, walau jumlah umat Katolik di Distrik Ilugwa ini tidak terlalu besar, namun pemerintah tidak melihat hal itu dan tetap membangun tempat ibadah bagi mereka, sebagaimana yang dilakukan Pemkab Mamteng kepada semua denominasi gereja yang ada.

”Ini bukti nyata perhatian dan tanggugjawab pemerintah untuk masyarakatnya, terutama untuk umat Katolik yang ada disini,” katanya.

Pastor Kornelis berharap, apa yang dibuat Bupati Mamberamo Tengah ini, hendaknya menjadi contoh bagi pemimpin-pemimpin daerah lainnya untuk melakukan hal yang sama yakni menjalankan tugas dan kewajibannya untuk menjamin kehidupan beriman seluruh masyarakat yang beragam agamanya. (Reis Masella/Humas Mamteng)

Facebook Comments Box