Info Covid Papua: 1 Meninggal, 37 Pasien Baru, 12 Sembuh, Total Kasus 1.682

Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)

JAYAPURA (PB.COM)—Berdasarkan data pemeriksaan sampel per hari ini, terdapat tambahan 37 pasien Covid baru di Provinsi Papua. Dengan demikian, hingga 28 Juni 2020, jumlah warga di Bumi Cenderawasih yang terpapar Covid-19 menembus angka 1.682 kasus, dimana 49 persen atau 824 pasien sedang dirawat,  841 orang (50 %) sudah dinyatakan sembuh, dan  17 orang atau 1 persen dinyatakan meninggal.

“Tambahan 37 pasien baru itu adalah 21 orang dari Kota Jayapura, Mimika 15 orang, dan Kabupaten Jayapura 1 orang. Sedangkan ada tambahan PDP 3 orang dari Kota Jayapura, kemudian tambahan 53 ODP dengan rincian Kota Jayapura 2 orang, Mimika 32 orang, Kepulauan Yapen 13 orang, dan Lanny  Jaya 6 orang,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) saat memberi keterangan pers secara virtual dari Media Center Satgas Covid-19 Provinsi Papua, Minggu (28/06/2020)

Menurut Sumule, hari ini juga ada kabar duka. Salah seorang pasien Covid yang selama ini dirawat di RSUD Jayapura meninggal dunia pada 26 Juni 2020. Pasien ini mengalami penyakit penyerta yaitu gagal ginjal kronis.

“Dia dirawat dari tanggal 16-24 Juni 2020. Pada tanggal 24 Juni, keluarganya meminta untuk pulang ke rumah. Tapi Tuhan punya rencana lain. Tanggal 26 Juni 2020 ia meninggal. Kami atas nama Tim Satgas Provinsi Papua menyampaikan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Papua ini.

Sumule juga menambahkan per hari ini terdapat tambahan 12 pasien yang dinyatakan sembuh. Rinciannya, Mimika 3 orang, Kota Jayapura ada 3 orang, dan Kabupaten Jayapura 6 orang.

“Kita berbangga bahwa banyak pasien yang dinyatakan sembuh. Baru pada minggu ini angka kesembuhan melebihi angka yang dirawat. Ini memberikan makna bahwa kerja keras kita semua baik petugas dan masyarakat sama-sama berjuang melawan wabah ini,” tegasnya.

Hingga hari ini, di Provinsi Papua terdapat 17 Kabupaten/kota yang terpapar virus Corona. Dari jumlah ini, sebanyak 3 kabupaten sudah dinyatakan kembali sebagai zona hijau yaitu Supiori, Mamberamo Tengah dan Merauke. Sedangkan 12 kabupaten lainnya belum memiliki kasus positif Covid. (Gusty Masan Raya)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *