57 Pasien Covid di Papua Sembuh, Tingkat Kesembuhan Jadi 51 Persen

Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)

 

JAYAPURA (PB.COM)Sebanyak 57 pasien Covid-19 di Papua dinyatakan sembuh pada Rabu (08/07/2020). Dengan demikian, jumlah total pasien Covid di Provinsi Papua yang telah sembuh menjadi 1.043 orang atau 51 persen. Sementara dari total 2.027 kasus, masih terdapat 962 orang yang saat ini sedang dalam perawatan (49 persen), dan 22 meninggal dunia atau 1 persen.

“Sebanyak 57 pasien itu berasal dari Kota Jayapura sebanyak 41 orang, Mimika 1 orang, Biak 11 orang, dan Kabupaten Jayapura 4 orang. Kepada petugas kesehatan, petugas surveilans dan tim laborotorium kami ucapkan terima kasih atas kerja keras dan kerja cerdas kalian semua,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) saat memberi keterangan pers secara virtual dari Media Center Satgas Covid-19 Provinsi Papua, Rabu (08/07/2020).

Menurut Sumule, hari ini juga terdapat tambahan pasien sebanyak 15 orang yaitu Kota Jayapura ada 10 orang, Mimika 3 orang, Biak 1 orang dan Merauke 1 orang. Itu artinya, wabah ini belum berakhir dan masyarakat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran.

“Secara khusus kami sampaikan keprihatinan dan dukungan kepada 84 petugas kesehatan di RSUD Jayapura. Kami Tim Satgas mengapresiasi langkah yang diambil manajemen RSUD Jayapura. Kepada teman-teman sejawat  yang sedang dirawat, tetap ikuti anjuran dokter penanggung jawab, minum obat dan istirahat teratur. Kalian tidak sendiri, kami Tim Satgas selalu bersama kalian. Kami tetap topang, kami yakin teman-teman akan menjadi pemenang melawan Covid,” kata Sumule.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sebanyak 84 Sebanyak 84 tenaga kesehatan di RSUD Jayapura, Provinsi Papua terinfeksi Covid-19. Mereka terpapar selama melayani para pasien covid sejak Maret 202o dan kini sedang dirawat sedang dirawat di beberapa rumah sakit dan tempat karantina.

“Yang dikarantina di Hotel Sahid Entrop sebanyak 68 orang, RSUD Abepura 2 orang, RS Bhayangkara 2 orang, RS Provita 3 orang, Marthen Indey 1 orang, dan isolasi mandiri 8 orang. Di antara semua ini, ada 2 orang yang sedang hamil. Kemudian, sudah ada 15 orang sudah sembuh dan kembali ke rumah sesuai hasil pemeriksaan swab dua kali,” kata Direktur RSUD Jayapura drg. Aloysius Giyai, M.Kes, Rabu (08/07/2020) saat memberi keterangan pers kepada wartawan di halaman RSUD Jayapura. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *