Menkes Harap Papua Pertahankan 14 Kabupaten Tidak Tersentuh Covid-19

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto memberikan sambutannya pada rapat koordinasi penangan Covid-19 dengan bupati dan wali kota se-Papua via video conference, Selasa (7/7/2020).

JAYAPURA (PB.COM) – Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto berharap Provinsi Papua dapat mempertahankan 14 kabupaten yang belum tersentuh Covid-19 hingga kini.

“Papua secara umum sangat bagus, karena ada 14 kabupaten sampai hari ini belum tersentuh Covid-19,” ujarnya kepada wartawan di Jayapura.

Menurut Menkes, untuk mempertahankan wilayah yang belum tersentuh Covid-19, tidak dapat diatasi oleh bupati sendiri tanpa bantuan dari segenap komponen masyarakat.

“Mulai dari masyarakat, kepala suku, kepala kampung, ketua RT/RW harus bersatu padu membantu pimpinan daerah, kekompakan, kegotong royongan menjadi modal utama kita melawan Covid-19,” harapnya.

Jika kekompakan dan gotong royong ini dapat dipertahankan, katanya, Provinsi Papua dapat menjadi contoh dalam meningkatkan kekompakan dan gotong royong.

“Kami merasa kagum, dimana para pimpinan daerah di Papua memiliki etos kerja yang tinggi, memiliki inovasi bagus serta memiliki kreasi yang tinggi dalam mengendalikan Covid-19,” jelasnya.

Mantan Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto tersebut mengaku walaupun angka kasus Covid-19 di Papua cukup tinggi, tetapi kemampuan semua stakehoker mengendalikan virus tersebut sangat luar biasa.

“Contoh Kabupaten Mimika awal kasus setiap hari puluhan orang terpapar. Kami sempat kuatir karena keterbatasan fasilitas yang ada di Papua, penyebaran Covid-19 tidak bisa dikendalikan. Namun ternyata lebih dari 350 sembuh dan tinggal 50 yang dirawat, dan ini adalah prestasi yang luar biasa,” katanya. (Toding)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *