Papua Akan Menyurat ke Pusat Minta Bantuan Relawan Tenaga Medis

Plh Sekda Papua Muhammad Musa’ad

JAYAPURA (PB.COM) – Pemerintah Provinsi Papua akan menyurati Satgas Covid-19 Pusat untuk meminta bantuan pengiriman tenaga relawan di bidang kesehatan dari luar Bumi Cenderawasih.

Plh Sekda Papua Muhammad Musa’ad mengaku, permintaan bantuan untuk memenuhi kekurangan tenaga kesehatan di Provinsi Papua.

“Saya telah menginstruksikan Dinas Kesehatan untuk mengecek kekurangan yang ada guna selanjutnya dilakukan upaya penanganan,” kata Musa’ad.

Musa’ad mengungkapkan, Menteri Dalam Negeri saat kunjungannya ke Papua beberapa waktu lalu mengatakan sudah ada ribuan orang yang mendaftar sebagai relawan kesehatan. “Mereka ada pada beberapa daerah seperti di Makassar dan Manado yang menyatakan kesiapannya untuk ditempatkan ke mana saja,” terangnya.

Dengan demikian, Pemprov Papua berharap para relawan kesehatan ini bisa ditempatkan ke Papua guna mengisi posisi tenaga kesehatan di sejumlah rumah sakit yang sudah terpapar virus corona.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule menuturkan, sebanyak 140 Tenaga Kesehatan di Papua saat ini terpapar Virus Corona.

Ironisnya, salah satu yang menyebabkan mereka terinfeksi Covid-19 karena pasien yang mereka layani tidak jujur menceritakan fakta sebenarnya ketika dilakukan pemeriksaan.

Lanjut Sumule, situasi ini memberikan peringatan kepada semua stakeholder bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan.

Sumule mengakui, meski para tenaga medis telah mengikuti protokol kesehatan dalam menangani pasien, seperti menggunakan APD, tetapi faktor kelelahan kerapkali membuat hal itu tidak diindahkan.

“Kalau bilang jenuh, pasti jenuh, mulai dari tanggal 17 Maret 2020 sampai sekarang, fokusnya hanya itu saja, sehingga lelah, jenuh muncul dan itu sangat manusiawi,” jelasnya. (Toding)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *